Tips Memperbaiki Atap Bocor

atap bocor
Source: Tasarimdevi

Pada musim hujan akan sangat merepotkan jika atap bocor. Air hujan bisa turun dengan bebas ke lantai rumah. Akibatnya bukan hanya basah namun juga beresiko menimbulkan korban karena lantai yang licin bisa membuat orang yang lewat terpeleset. Bekas air hujan juga terkadang meninggalkan bekas di lantai sehingga kita harus membersihkannya. Kita bisa mencegah hal-hal ini dengan melakukan perbaikan pada atap yang bocor. Atap yang bocor juga perlu untuk segera diperbaiki. Jika Anda sering menunda dalam memperbaiki atap kerusakan akan menjadi semakin parah. Hal ini akan membuat kerusakan semakin sulit untuk diperbaiki dan biaya yang perlu Anda keluarkan bisa semakin mahal. Simak cara memperbaiki atap yang bocor dibawah ini!

1. Ketahui Sumber Masalah

Anda perlu mengetahui sumber masalah sebelum mulai melangkah lebih jauh lagi. Penyebab kebocoran yang berbeda akan membutuhkan penanganan yang berbeda. Ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab kebocoran seperti genteng atau asbes pecah, posisi genteng tidak tepat, adukan di bawah nok retak, konstruksi atap melengkung, konstruksi atap tidak kuat menahan beban, talang dak beton retak atau talang seng berkarat.

2. Rutin melakukan pemeriksaan

Anda perlu melakukan pengecekan atap dengan rutin. Pemeriksaan ini berguna untuk mengidentifikasi masalah kebocoran. Di samping itu Anda bisa segera tahu jika ada masalah pada atap rumah sehingga tidak perlu menunggu hujan untuk melihat adanya kebocoran atap. Setidaknya lakukan pemeriksaan setiap tahun terutama jika akan memasuki musim hujan.

3. Bersihkan atap dari kotoran

Tanpa Anda ketahui beberapa bagian dari atap bisa menampung sampah. Jika didekat rumah Anda terdapat pohon besar, daunnya bisa sampai ke atap Anda. Anda tidak bisa membiarkan sampah ini tetap berada di sana dalam waktu lama sebab ini akan membuat aliran air hujan terhambat. Air kemudian akan tergenang di bagian Atap sehingga menimbulkan kebocoran. Anda memang tidak perlu membersihkan setiap hari.Setidaknya lakukan pembersihan secara berkala terutama saat datangnya musim hujan. Sampah yang terlalu lama menumpuk juga beresiko membuat genteng pecah.

Baca juga  Ingin Memilih Warna Cat Hunian? Perhatikan Filosofinya Terlebih Dahulu!

4.  Perbaiki posisi genting

Jika kebocoran terjadi karena posisi genting yang melorot atau turun maka Anda harus memperbaiki posisi tersebut. Genting dapat melorot karena pemasangannya yang tidak tepat. Hal ini akan menciptakan celah bagi masuknya air. Anda bisa memaku tiap keping genteng di bagian reng. Anda perlu memastikan bahwa paku telah terpasang dengan kuat sehingga genting tidak melorot kembali dan menimbulkan kebocoran.

5. Gunakan lapisan water block

Anda bisa menggunakan water block untuk mencegah kebocoran terjadi kembali. Water block bisa digunakan di setiap sudut dimana kebocoran biasa muncul. Anda bisa menggunakan di talang, bubungan atau di antara atap. Menambahkan pelapis seperti alumunium foil atau plastik di bawah atap juga bisa Anda lakukan.

6. Ganti genting

Perhatikan usia genting rumah Anda. Genting yang yang telah lama digunakan akan lebih mudah retak daripada genting yang baru. Genting berkualitas buruk juga lebih mudah pecah. Mengganti genting yang telah lapuk atau terlalu lama dipakai tentu perlu Anda lakukan. Anda bisa mengganti dengan genting yang kualitas yang lebih baik untuk mencegah kebocoran terjadi.

7. Manfaatkan karpet antibocor

Genting berkualitas bagus memang memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini sering membuat kita mengundurkan langkah sebelum mulai membelinya. Anda bisa memanfaatkan karpet anti bocor untuk atap rumah Anda. Karpet anti bocor ini digunakan untuk melapisi genting rumah. Cara ini bisa Anda lakukan di rumah Anda, namun ingat bahwa hal ini mungkin tidak seefektif menggunakan genteng berkualitas.

8. Tambah talang

Jika Anda menemukan air yang mengalir di dinding saat musim hujan, maka kebocoran yang terjadi bisa diakibatkan kerena masalah pada sambungan bangunan. Ini bisa terjadi karena dinding rumah Anda langsung berbatasan dengan dinding tetangga. Ketika bocor aliran air akan turun melalui dinding rumah karena sambungan atap yang kurang sempurna. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menambah lapisan baru atau talang di bawah penutup atap.

Baca juga  Manfaat Memajang Tanaman Hias di Rumah

Itulah beberapa tips memperbaiki atap bocor yang bisa Anda praktekkan di rumah. Cukup mudah untuk dicoba, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *