Inilah Rahasia Mendesain Rumah Tipe 36 Agar Terasa Lapang

rumah tipe 36 terbaru
Source: rumahminimalisoi.com

Saat ini ada dua juta lebih generasi milenial Jakarta terancam tak akan bisa memiliki rumah. Olehnya, memiliki rumah milik sendiri sekalipun berukuran kecil adalah suatu keberuntungan. Rumah tipe 36 yang hanya terdiri dari dua kamar, satu dapur, satu ruang tamu/keluarga dan satu kamar mandi, tentu dirasa sempit. Apalagi jika anak-anak semakin bertambah dewasa. Keinginan memperluas hunian pun biasanya akan terbentur dengan luasan lahan.

Bagi Anda yang memiliki rumah bertipe mini seperti rumah tipe 36 tak perlu berkecil hati. Ada banyak cara membuat rumah kamu terasa lebih lapangan dengan tips-tips berikut ini:

1. Meninggikan atap atau menambah lantai

Cara pertama untuk membuat rumah yang minimalis terasa lebih luas adalah dengan meninggikan atapnya. Cara ini bisa dilakukan dengan meninggikan rangka atap atau menaikkan langit-langitnya. Kedua cara tersebut memberikan hasil yang sama, yaitu kesan bahwa ruangan terasa lebih lapang dan juga menambah jangkauan pandangan kita. Selain itu kita juga bisa membuat lantai tambahan di atas.

Dengan cara ini, meskipun hanya rumah bertipe 36 tetapi pasti akan terasa lebih luas. Dengan menambah lantai maka kita akan mendapatkan ruangan tambahan. Alhasil ruangan yang di bawah pasti akan terasa lebih lega dan lapang. Penambahan lantai adalah cara paling efektif untuk membuat rumah terasa lebih luas, namun tentu saja membutuhkan biaya yang cukup banyak. Bisa saja rencana ini ditunda untuk diwujudkan di kemudian hari jika Anda memiliki dana yang cukup. Pastikan saja pondasi rumah Anda didesain untuk menopang lantai tambahan.

2. Menggunakan warna yang tepat

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah memilih warna yang tepat untuk rumah kita, baik warna untuk dindingnya maupun warna dari perabotannya. Beberapa pendapat menyarankan warna putih atau abu-abu muda untuk warna utama dari rumah Anda. Sebaiknya gunakan warna yang cerah pada dinding rumah Anda, jangan menggunakan warna yang gelap seperti hitam. Warna yang cerah akan mempengaruhi pandangan terhadap rumah Anda. Rumah pun terasa lebih luas. Jika ingin menggunakan warna yang gelap juga maka sebaiknya hanya sebagai tambahan saja. Selalu pastikan warna utama adalah warna cerah.

Baca juga  Selain Keramik, Inilah Pilihan Material untuk Lantai Rumah Anda

3. Merancang kebutuhan ruang

Ukuran rumah yang minimalis tentunya menuntut kita untuk bisa meminimalisasi penggunaan ruangan. Buatlah ruangan yang bisa memiliki fungsi ganda. Misalnya ruang tamu yang dijadikan sebagai ruang keluarga juga, atau ruangan untuk makan yang dikombinasikan dengan dapur. Dengan adanya ruangan yang multi fungsi tersebut tentunya akan menghemat penggunaan ruangan dan bisa menjadikan rumah terasa lebih lapang. Apalagi jika ruangan multi fungsi itu ditata sedemikian rupa sehingga memberi kesan artistik. Menghias ruangan dengan perabotan dapat meningkatkan keindahan ruangan tersebut. Tetapi jangan sampai berlebihan agar tidak justru menjadikannya lebih sempit. Namun jika berniat membuat ruangan multi fungsi tentunya perlu dirancang sedari awal agar posisinya tepat dan sesuai dengan yang diharapkan.

4. Mengatur pencahayaan

Trik lain untuk membuat rumah terasa lebih luas adalah dengan mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Ruangan dengan pencahayaan yang baik akan membuatnya terlihat lebih luas. Kita bisa menggunakan jendela yang besar untuk mendapatkan pencahayaan yang baik. Tempatkan jendela di posisi yang tepat agar mendapatkan cahaya yang banyak secara langsung tanpa terhalang oleh apapun. Selain menggunakan jendela yang besar, bisa juga ditambahkan cermin yang besar untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan. Atur letak cermin agar bisa memantulkan cahaya yang diterima dengan baik.

5. Membuang barang yang tidak perlu

Rumah tipe 36 tentunya tidak membutuhkan barang dan perabotan yang banyak. Sortir barang-barang dan perabotan Anda, pisahkan antara yang akan digunakan dengan yang tidak dibutuhkan. Masukkan barang-barang dan perabotan yang benar-benar digunakan saja agar tidak memenuhi ruangan dan tidak membuat ruangan terlihat berantakan. Buanglah barang-barang yang tidak dibutuhkan, atau jika kondisinya masih baik maka bisa diberikan kepada keluarga atau teman yang lebih membutuhkan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan dua manfaat dalam sekali tindakan, yaitu menghemat penggunaan ruangan dan mendapatkan kebaikan dari memberi kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Baca juga  Kamar Sempit Kini Bukan Masalah Lagi. 7 Desain Ini Akan Membuat Kamarmu Lebih Lega

6. Menjadi Kreatif

Yang paling utama dalam membuat rumah tipe 36 yang minimalis ini menjadi terasa lebih luas adalah bagaimana kreatifitas kita dalam melakukan penataan di dalamnya. Banyak hal yang bisa dilakukan selain beberapa yang telah disebutkan di atas. Misalnya menggunakan aksesoris dan perabotan yang minimalis agar menghemat ruangan. Atau memasang sebuah lukisan yang besar dan indah agar para tamu yang berkunjung akan terfokus pada lukisan tersebut. Bisa juga dengan menghilangkan sekat yang ada di dalam rumah, kemudian menggunakan lemari sebagai pemisah antar ruangan, dengan demikian maka penggunaan ruangan bisa semakin diminimalisir.

Selain itu Anda bisa memanfaatkan area di belakang rumah dan halaman depan rumah. Jika area belakang rumah cukup lebar bisa dijadikan tempat untuk mencuci dan menjemur pakaian, sementara halaman depan bisa dijadikan taman sekaligus tempat bersantai. Bahkan Anda bisa menambahkan meja atau kursi di halaman depan untuk menjadikannya sebagai tempat menerima tamu. Intinya adalah manfaatkan segala hal yang ada di sekitar kita dan gunakan sebaik mungkin.

Nah, sekarang sudah tahu khan apa yang harus Anda lakukan agar rumah tipe 36 bisa berfungsi lebih maksimal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *