Tinggal di Apartemen Memang Praktis, Tapi Pahami Hal Berikut Ini Sebelum Anda Membelinya

apartemen

Saat ini, apartemen menjadi salah satu pilihan hunian bagi masyarakat. Tinggal di apartemen dikenal praktis karena berbagai fasilitas yang disediakan. Beberapa apartemen bahkan menyediakan fasilitas yang sangat lengkap sehingga penghuni dapat melakukan banyak aktivitas di kawasan apartemen tanpa perlu pergi ke tempat lain. Jika Anda tertarik untuk tinggal di apartemen sebaiknya pahami hal berikut sebelum membeli apartemen:

1. Pilih lokasi apartemen

Pemilihan lokasi yang tepat tentu sangat penting sebelum menentukan hunian. Pilihlah lokasi yang strategis seperti dekat dengan tempat kerja Anda atau lokasi yang mudah diakses. Sebaiknya jangan terpaku pada harga murah yang ditawarkan. Apartemen dengan harga murah biasanya terletak jauh dari pusat kota. Jika Anda bekerja di pusat kota sementara apartemen yang Anda beli di pinggir kota, Anda bisa kewalahan jika setiap hari harus terkena macet di perjalanan pulang. Memilih apartemen berlokasi strategis memang lebih mahal, namun Anda bisa menghemat biaya bahan bakar dan menghemat waktu perjalanan.

2. Perhatikan lingkungan apartemen

Anda tentu menginginkan perasaan betah dan nyaman tinggal di apartemen yang Anda huni. Anda bisa memilih lingkungan sekitar apartemen yang dapat menghadirkan kenyamanan. Ruang hijau seperti tanaman dan taman yang nyaman bisa memberikan pemandangan yang segar. Adanya taman yang nyaman juga bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga atau sekedar jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran.

3. Kenali pengembang

Jika Anda membeli apartemen langsung dari pengembang sebaiknya kenali dahulu pengembang tersebut. Pastikan bahwa pengembangan bertanggung jawab, profesional dan memiliki reputasi yang bagus. Ada banyak kasus dimana bangunan apartemen terlantar karena pengembang bermasalah. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut maka anda harus jeli mengenali pengembang. Anda bisa mempelajari rekam jejak pengembang dengan melihat pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya.

4. Ketahui kebutuhan

Anda harus membeli apartemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Setidaknya terdapat tiga jenis apartemen yaitu full furnished (siap ditinggali), semi furnished (sebagian furniture) dan unfurnished (tanpa furniture). Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran seperti studio, satu kamar, dua kamar dan apartemen luxury. Anda bisa membeli apartemen sesuai dengan yang Anda butuhkan agar Anda bisa terhindar dari masalah keuangan nantinya.

5. Perhatikan keamanan

Anda pastinya menginginkan tinggal dalam hunian yang aman. Keamanan menjadi hal yang sangat penting untuk keselamatan penghuni. Fasilitas keamanan yang disediakan oleh apartemen perlu menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa mencari tahu mengenai penjagaan di pintu dan dalam apartemen, keberadaan kamera CCTV, sekuriti yang beroperasi 24 jam serta keamanan daerah sekitar apartemen.

6. Pertimbangkan fasilitas parkir

Hal ini seringkali lupa menjadi pertimbangan sebelum membeli apartemen. Jika Anda memiliki kendaraan, tentu Anda perlu menanyakan mengenai fasilitas parkir di apartemen. Setidaknya Anda bisa mencari tahu ketersediaan lahan parkir khusus untuk penghuni serta seberapa luas lahan yang tersedia. Anda juga perlu menanyakan adakah biaya tambahan untuk parkir. Ini tentu akan berpengaruh pada keuangan Anda setiap bulannya.

7. Ketahui kebutuhan lainnya

Tinggal di apartemen nampaknya memang praktis, namun Anda harus mengetahui bahwa tinggal di apartemen akan membutuhkan biaya tambahan. Bukan hanya harga apartemen dan fasilitas yang perlu Anda perhatikan, Anda mungkin akan memiliki biaya bulanan, pajak serta biaya operasional. Anda mungkin akan membutuhkan biaya laundry karena tidak ada ruang untuk menjemur baju, biaya gas dan air minum. Anda juga bisa mengalami gangguan sinyal telepon dan internet serta surat yang hanya sampai ke mail box.

8. Ketahui fasilitas pendukung

Ketahui fasilitas umum yang berada di sekitar apartemen. Fasilitas seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, halte dan stasiun dapat memudahkan Anda dalam beraktivitas nantinya. Memiliki apartemen dengan banyak lokasi pendukung akan memberi kenyamanan tersendiri. Jika Anda membutuhkan fasilitas tersebut tentu Anda bisa mengakses dengan lebih mudah dari tempat tinggal.

9. Cari beberapa pilihan

Anda bisa mencari beberapa pilihan calon apartemen sebelum menentukan apartemen yang paling sesuai dengan Anda. Sebelum membeli, Anda bisa berkeliling dan menanyakan harga, fasilitas, keuntungan atau apapun terkait apartemen. Jika Anda hanya bergantung pada satu pilihan apartemen, Anda tidak akan bisa melakukan perbandingan. Jangan sampai nantinya Anda menyesal setelah membeli, seperti menemukan apartemen lain yang lebih sesuai. Perbandingan dilakukan bukan hanya untuk mengetahui perbedaan harga namun juga value dan keuntungan yang anda dapatkan. Jika salah langkah Anda bisa mendapat apartemen yang harganya cenderung turun sehingga Anda mengalami kerugian.

Ternyata Anda perlu memperhatikan banyak hal sebelum mulai membeli apartemen. Lakukan analisa terhadap hal tersebut dengan cermat agar Anda tidak menyesal nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *