10 Cara Pintar Cari Rumah Kontrakan Murah Di Jakarta

Tahu ga sih? Banyak orang bilang kalau mencari rumah kontrakan murah di Jakarta sangat susah. Padahal, kalau tahu caranya, maka mencari rumah kontrakan murah di Jakarta, ga susah-susah amat, alias gampang kok.

Ga percaya?

Cari tahu yuk, tip dan triknya. Gitu aja kok repot. Ha…7x

Brown Brick Wall

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/abandoned-ancient-antique-architecture-235986/

Cara Pintar Mencari Rumah Kontrakan  Murah Di Jakarta

Inilah cara pintar mencari rumah kontrakan murah di Jakarta:

1. Melakukan survei. Jangan pernah malas untuk melakukan survei.

Survei sendiri terdiri atas survei secara online dan survei lapangan.

Di zaman digital ini maka banyak pemilik rumah kontrakan yang mengiklankan rumah kontrakannya secara online pada berbagai website. Salah satu tempat terbaik dalam mengiklankan rumah kontrakan anda adalah di sewa-rumah.net. Jadi anda bisa melakukan survei secara online di sewa-rumah.net.

Survei lapangan maksudnya anda melihat langsung rumah kontrakan yang harganya murah yang nama pemilik, nomor hp, dan alamat rumah kontrakan yang sudah anda dapatkan dari hasil anda survei secara online.

Berikan waktu satu atau beberapa hari untuk melakukan survei lapangan dari beberapa lokasi rumah kontrakan yang sudah jadi pilihanmu.

Manfaat dari survei lapangan adalah anda bisa tahu, apakah rumah kontrakan yang menjadi target anda termasuk daerah banjir atau tidak. Selain itu anda bisa tahu apakah daerah sana termasuk daerah yang rawan kejahatan atau tidak.

2. Pasang mata dan telinga untuk mendapatkan rumah kontrakan yang murah.

Seringkali rumah kontrakan yang murah tidak pasang iklan, baik iklan di koran atau di internet. Biasanya pemilik dari rumah kontrakan murah memasang iklannya di tembok atau pintu rumah kontrakan mereka saja.

Jadi saat anda bepergian ke daerah manapun, mata anda biasakan melihat-lihat, siapa tahu ada iklan rumah kontrakan murah di tembok atau pintu rumah. He…7x

Selain itu ada baiknya, anda juga memasang telinga, sehingga kalau anda mendengar ada rumah kontrakan murah, maka anda bisa langsung melakukan survei ke sana.

3. Cari rumah kontrakan yang jauh dari kampus. Cari rumah kontrakan yang jaraknya sekitar 5-10 km dari kampus. Sebab semakin rumah kontrakan dekat dengan kampus, maka harga sewanya akan semakin mahal. He…7x

4. Cari rumah kontrakan murah yang dekat dengan warteg atau warung makanan yang murah lainnya. Jangan sampai anda hemat sewa rumah kontrakan, tapi anda harus makan dengan harga yang lebih mahal. Sama juga bohong. He…7x

5. Selalu menawar harga sewa rumah kontrakan yang diberikan oleh pemilik rumah kontrakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Cari pemilik rumah kontrakan yang baik, sehingga anda bisa mendapatkan keringanan saat anda terlambat membayar uang sewa rumah kontrakan.

7. Cari rumah kontrakan di mana pemilik rumah kontrakan mengijinkan satu rumah diisi oleh banyak orang, sehingga bisa patungan bayar sewa rumah kontrakannya. Jatuhnya kan jadi lebih murah. Betul apa betul? Ha…7x

8. Jika bisa, cari rumah kontrakan yang jauh dari mesin ATM. Karena kalau dekat dengan ATM, maka anda dikuatirkan akan sering-sering mengambil uang dari ATM. He…7x

9. Jangan malu kalau rumah kontrakan anda terlihat lebih kecil atau lebih jelek dari pada rumah kontrakan lainnya. Karena anda tidak akan selamanya tinggal di rumah kontrakan yang sekarang ini. Pada saat anda sudah bisa menghasilkan uang yang lebih banyak, maka anda bisa pindah rumah kontrakan yang lebih baik, atau bahkan anda bisa membeli rumah idaman anda. He…7x

Baca juga  Siasat Memiliki Rumah Bagi Anda yang Tinggal di Kota Besar

10. Cari rumah kontrakan yang ada dapurnya, sehingga anda bisa masak sendiri. Anda bisa hemat pengeluaran untuk makan setiap bulannya kalau anda bisa masak sendiri. Dan saat anda sedang malas masak maka ada warteg murah yang siap menemani anda. Ha…7x

Mengapa Mencari Informasi Rumah Kontrakan Sebaiknya Lewat Sewa-rumah.net?

Jika anda, teman anda, keluarga anda, kerabat anda, atau tetangga anda ingin mencari rumah kontrakan secara online di Jabodetabek atau di kota-kota lainnya, maka ada baiknya anda mencari informasi lokasi rumah kontrakan, alamat rumah kontrakan, pemilik rumah kontrakan, dan berbagai informasi lainnya di sewa-rumah.net.

Kenapa begitu? Karena informasi yang disediakan oleh sewa-rumah.net cukup lengkap. Sebab ada ribuan informasi di website sewa-rumah.net. Apalagi sewa-rumah.net juga memberikan “Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah”. He…7x

Informasi Yang Anda Dapatkan Di Sewa-rumah.net

Inilah informasi tentang sewa rumah di Indonesia yang bisa anda dapatkan lewat sewa-rumah.net:

  1. Nama dari ribuan kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  2. Nama dari pemilik kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  3. Alamat dari ribuan kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  4. Foto-foto penampakan dari ribuan kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  5. Nomor telpon dari kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  6. Rumah menghadap ke arah mana?
  7. Harga sewa dari yang termurah sampai dengan yang tertinggi. Kisaran harga kontrakan rumah dari 600 ribu per bulan sampai dengan rumah mewah dengan harga 50 juta per bulan.
  8. Harga sewa harian, mingguan, bulanan, atau tahunan dari ribuan kontrakan rumah di berbagai kota besar di Indonesia.
  9. Luas tanah dan luas bangunan.
  10. Ada berapa lantai.
  11. Ada berapa kamar, kamar mandi, dan kamar pembantu.
  12. Apakah rumah kontrakan memiliki garasi untuk mobil dan motor? Untuk berapa mobil dan berapa motor?
  13. Fasilitas di sekitar rumah kontrakan.
  14. Akses masuk rumah kontrakan bisa lewat jalan apa saja.
  15. Informasi lainnya.

Tip Dan Trik Dalam Mencari Sewa Rumah Di Indonesia

Inilah tip dalam sewa rumah di Indonesia

Mencari sewa rumah di Indonesia bukanlah suatu pekerjaan yang mudah karena banyak faktor yang harus anda pertimbangkan. Ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Selain riset, ada baiknya anda juga melakukan survei terlebih dahulu.

Kenapa begitu? Agar anda tidak salah dalam memilih rumah untuk disewa.

Kalau salah pilih rumah, emangnya kenapa? Yah, ga pa-pa sih. Tapi hidup anda akan berasa kurang nyaman aja selama beberapa waktu tertentu. Betul apa betul? He…7x

Jika begitu, apa yang harus anda lakukan? Baca dan praktekkan petunjuk di bawah ini.

Kenapa begitu? Sebab sewa rumah terbaik bagi seorang mahasiswa atau mahasiswi adalah di daerah yang paling dekat dengan kampus tempat mereka kuliah. Demikian juga dengan sewa rumah terbaik bagi seorang karyawan. Mereka tentu mencari sewa rumah yang dekat dengan lokasi tempat mereka bekerja. Sedangkan sewa rumah terbaik bagi seorang ekspatriat adalah rumah yang asri, ekslusive, aman dan nyaman.

Sedangkan sewa rumah terbaik bagi satu keluarga dengan anak-anak yang masih sekolah, maka sewa rumah terbaik bagi mereka adalah yang dekat dengan sekolahan.

Baca juga  Sewa Rumah Murah di Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Surabaya, Bali, Banten, Yogyakarta

Hal kedua yang harus anda lakukan adalah membuat daftar sewa rumah yang ideal menurut anda.

Contoh dari sewa rumah yang ideal menurut penulis adalah:

  1. Pemilik rumah orangnya baik, ramah tamah dan pengertian serta tidak cerewet.
  2. Tetangganya juga baik, ramah tamah dan pengertian serta tidak cerewet.
  3. Lingkungan sekitarnya aman.
  4. Berada di dalam komplek perumahan, sehingga dijaga satpam alias ada security 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  5. Buat range harga sewa rumah yang sesuai dengan budget anda.
  6. Iuran bulanan buat bayar satpam, sampah, dan lain-lainnya tidak mahal.
  7. Dilengkapi garasi atau ruang untuk parkir motor dan mobil.
  8. Waktu untuk keluar masuk komplek perumahan bebas selama 24 jam.
  9. Bebas banjir.
  10. Jalanan depan rumah bagus dan tidak berlubang.
  11. Dekat dengan mesin ATM, mini market.
  12. Dekat dengan mall.
  13. Banyak penjual makanan di sekitar rumah.
  14. Tidak terlalu dekat dengan mesjid supaya suara speakernya tidak menganggu waktu tidur/istirahat anda.
  15. Dll.

Hal ketiga yang harus anda lakukan adalah mencari daerah yang ideal dengan melakukan riset lewat sewa-rumah.net.

Anda bisa menghubungi satu-persatu pemilik rumah lewat telpon atau WA.

Ingatlah ini! Anda hanya menghubungi pemilik rumah yang sesuai dengan daftar sewa rumah ideal yang sudah anda buat sebelumnya.

Hal keempat adalah sebagai berikut. Jika bisa, anda survei langsung ke lokasi rumah yang disewakan.

Kenapa begitu? Soalnya di sana, anda bisa melihat dan mendengar langsung dari mulut pemilik rumah atau tetangga sekitar.

Kalau para tetangga bilang pemilik rumah bawel, cerewet dan suka marah-marah, maka ada baiknya anda jangan sewa rumah di situ. Soalnya salah-salah anda yang kena semprot dan diomeli sama pemilik rumah, walaupun anda tidak melakukan kesalahan apapun. Iya…kan? Iya…kan? Ha…7x

Hal kelima adalah saat survei, anda jangan lupa membawa daftar sewa rumah ideal versi anda. Nah anda bisa mencontreng hal-hal baik apa yang ada di setiap kontrakan rumah yang anda survei.

Hal keenam adalah anda bisa bandingkan hasil contrengan anda. Lalu pilih beberapa kontrakan rumah dengan contrengan yang paling banyak.

Hal ketujuh adalah bandingkan lokasi dari beberapa kontrakan rumah tersebut.

Hal kedelapan adalah bandingkan harga sewa dari beberapa kontrakan rumah tersebut. Lalu pilih salah satu yang terbaik menurut anda.

Setelah itu bayarlah uang sewa rumah dan jadilah penghuni di sana. He…7x

Menurut penulis, 3 hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat ingin sewa rumah adalah bebas banjir, lokasi rumah, dan harga sewa rumah.

8 cara di atas akan memperkecil penyesalan anda karena salah di dalam memilih rumah kontrakan.

Inilah trik dalam sewa rumah di Indonesia

Pertama, ingatlah untuk selalu menawar. Misalkan harga sewa 25 juta per tahun. Jangan langsung diambil dulu. Tawarlah dulu. Tawarlah 15 juta. Lalu naikan harga jadi 17 juta. Terus 19 juta. Kemudian 21 juta. Terakhir 23 juta.

Saat anda menaikkan harga penawaran, maka, mintalah pemilik rumah ikut menurunkan harganya.

Jika tidak bisa, yah bayarlah 25 juta per tahun. Anda toh sudah berusaha. Ha…7x

Eit, tapi jangan langsung dibayar dulu. Mintalah potongan harga, jika anda mengontrak selama 2 tahun.

Kedua, saat menawar, jangan lupa untuk memuji pemilik rumah. Semua orang suka dipuji. Siapa tahu, setelah dipuji, anda mendapatkan harga yang lebih murah. Ha…7x

Baca juga  Dagangan Lebih Laris dengan Tips Desain Lapak Kuliner Ini

Ketiga, jika anda berhasil maka artinya anda bisa menghemat uang anda. Lalu uang itu bisa anda pakai buat sesekali mentraktir penulis. Ha…7x

Ga deh. Bercanda kok. He…7x

Keempat, anda sebaiknya meminta surat perjanjian sewa rumah. Setelah membaca draft surat perjanjian tersebut, ada baiknya anda minta beberapa perubahan.

Contohnya adalah dalam segala sesuatu yang memerlukan biaya perbaikan, maka semuanya ditanggung oleh pemilik rumah.

Contoh lainnya adalah anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang yang digunakan sebagai uang jaminan. Dan uang jaminan ini akan dikembalikan saat sewa rumah berakhir.

Anda bisa minta, uang jaminan ditiadakan, atau anda hanya membayar sebagian saja.

Jika tidak bisa? Namanya juga usaha? Betul? Ha…7x

Suka Duka Saat sewa rumah di Indonesia

Suka:

  1. Kalau mendapatkan pemilik rumah, tetangga dan ketua RT yang baik.
  2. Rumah tidak bocor, apalagi banjir, saat musim hujan.
  3. Banyak penjual makanan di malam hari.
  4. Lokasi penjual makanan dekat dengan rumah, cukup jalan kaki saja.
  5. Dll.

Duka:

  1. Kalau mendapatkan pemilik rumah, tetangga dan ketua RT yang rese.
  2. Rumah bocor, saat musim hujan.
  3. Rumah suka kebanjiran, saat musim hujan.
  4. Rumahnya lapuk dimakan rayap.
  5. Tidak ada penjual makanan di malam hari.
  6. Penjual makanan, jauh dari rumah, sehingga harus mengeluarkan kendaraan kalau mau makan di malam hari atau memesan lewat ojek online.
  7. Dll.

Kesimpulan

Ada berbagai macam alasan orang sewa rumah di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Jika anda mencari informasi tentang sewa rumah  di Jakarta atau di kota-kota besar lainnya, maka mampirlah dulu ke sewa-rumah.net, sebab di sana ada ribuan informasi yang bisa anda dapatkan secara gratis. Apalagi sewa-rumah.net juga memberikan banyak artikel berkualitas tinggi yang membahas tentang rumah, apartemen, dan design, baik eksterior atau interior. He…7x

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih karena sudah mengunjungi, mencari informasi, membaca artikel, atau menonton video di sewa rumah.

Jika anda menganggap artikel ini bagus maka mohon bantuannya untuk menyebarkan informasi dari artikel ini kepada keluarga dan teman-teman anda.

Kami juga mengharapkan ide, saran, dan kritik anda terhadap sewa-rumah.net, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. He…7x

Sekali lagi, terima kasih.

Admin sewa-rumah.net.

Ide-Ide Rumah Yang Menakjubkan dan Desain-Desain Penghematan Ruang Yang Luar Biasa

Pekerja Bangunan yang Cerdas dan Luar Biasa

 

Artikel penulis lainnya:

Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *