Sedang Mencari Rumah Kontrakan, Pastikan Hal Ini Agar Anda Tidak Menyesal

disewakan
Source: Bart Everson

Rumah kontrakan menjadi solusi tempat tinggal sebelum membeli rumah dengan harga yang mahal. Rumah kontrakan juga bisa dipilih ketika Anda sedang bekerja di luar kota domisili Anda. Jika Anda sedang mencari rumah kontrakan sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Memilih rumah kontrakan tanpa pertimbangan yang matang akan berpengaruh pada kenyamanan anda dan keluarga nantinya. Sementara biasanya rumah kontrakan disewa minimal selama satu tahun. Jika sebelum satu tahun Anda merasa tidak nyaman tinggal di rumah kontrakan tersebut, Anda tidak akan bisa menarik kembali uang pembayaran sewa. Sebelum Anda memilih rumah kontrakan, sebaiknya pastikan hal berikut untuk menghindari penyesalan yang mungkin datang.

1. Tidak banjir

Sebaiknya hindari rumah kontrakan di lingkungan yang mudah terjadi banjir. Menghadapi banjir secara rutin bukanlah hal yang menyenangkan. Anda akan kerepotan jika air sampai masuk ke dalam rumah dan menggenangi perabot. Anda mungkin akan menghadapi kerusakan pada perabotan tersayang selain itu banjir juga bisa menjadi sumber penyakit. Terlebih jika Anda mengontrak, maka Anda akan tinggal dalam jangka waktu cukup lama di rumah kontrakan. Tentu Anda tidak mau jika Anda harus terus-terusan membersihkan rumah dan perabot yang kotor karena banjir.

2. Tidak bocor

Memastikan rumah masih dalam kondisi layak huni tentu sangat penting. Salah satu yang harus anda perhatikan adalah keadaan atap, apakah atap masih dalam kondisi bagus dan tidak ada kebocoran. Jika atap bocor di sana sini Anda tentu akan merasa kewalahan terutama jika dalam kondisi hujan. Perabot dan lantai bisa basah karena air yang masuk melalui atap bocor. Alhasil Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengepel rumah. Anda juga akan melihat pemandangan tidak menyenangkan dari ember yang diletakkan tengah ruangan untuk menampung air karena atap bocor. Di samping itu Anda juga akan mengeluarkan sebagian dana lagi jika ingin melakukan pembenahan.

3. Adanya ventilasi udara

Tidak semua rumah memiliki ventilasi udara. Ventilasi udara tentu diperlukan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah. Terutama jika rumah kontrakan Anda berada di lokasi yang panas, ventilasi udara akan sangat Anda butuhkan. Anda tentu akan merasa betah di rumah yang memiliki suhu udara yang terjaga dengan baik. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman tinggal di rumah kontrakan Anda sendiri, sementara Anda akan tinggal cukup lama disana.

4. Tersedia air bersih

Air bersih adalah kebutuhan yang sangat vital. Setiap hari Anda akan membutuhkan air bersih, baik untuk minum, mencuci, memasak, mandi dan lain sebagainya. Dalam mencari rumah kontrakan Anda harus memperhatikan hal ini. Pastikan bahwa kondisi air di rumah kontrakan lancar serta bersih. Pastikan juga bahwa aliran air tidak terkendala oleh apapun. Anda juga bisa menanyakan apakah air berasal dari sumur atau perusahaan air, sebab hal ini juga akan berpengaruh pada kebutuhan air Anda.

5. Fasilitas rumah

Fasilitas yang disediakan dapat menjadi pertimbangan Anda selanjutnya. Ketahui fasilitas yang tersedia di rumah kontrakan dan fasilitas yang Anda butuhkan, terutama jika Anda menginginkan sesuatu yang praktis dan tidak ingin direpotkan dengan memindahkan berbagai perabot rumah. Anda juga bisa memastikan keadaan kamar mandi, WC, dapur, tempat tidur dan sebagainya.

6. Dekat tempat aktivitas

Pilihlah rumah kontrakan yang berlokasi cukup dekat dengan tempat Anda beraktivitas. Misalkan saja dekat dengan tempat Anda bekerja, atau rumah kontrakan yang dekat kampus bagi mahasiswa. Memilih lokasi yang dekat dengan tempat beraktivitas akan menghemat pengeluaran Anda untuk transportasi. Anda bisa sampai ke rumah dengan lebih cepat. Hal ini juga akan meminimalisir kelelahan yang diakibatkan perjalanan dari tempat kerja ke rumah. Jika Anda menghadapi macet setelah pulang beraktivitas, tidak perlu khawatir karena lokasi rumah yang dekat. Begitu pula saat berangkat kerja, Anda tidak perlu tergesa-gesa dan dapat menghemat waktu perjalanan.

7. Harga sewa rumah kontrakan

Harga menjadi hal yang sangat krusial. Harga sewa rumah bahkan seringkali menjadi penentu dalam mengambil keputusan. Anda sebaiknya memilih rumah kontrakan yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Carilah rumah kontrakan dengan harga yang terjangkau menurut kemampuan ekonomi Anda. Biasanya harga rumah akan sebanding dengan fasilitas dan kondisi rumah kontrakan. Semakin bagus kondisi rumah dan semakin lengkap fasilitas yang tersedia maka harga semakin tinggi. Begitu juga ketika Anda mencari rumah dengan harga sewa yang murah akan sangat sulit mendapatkan fasilitas yang lengkap. Anda bisa melakukan survei untuk mencari tahu apakah harga sewa termasuk wajar. Lakukan perbandingan dengan tempat lain agar anda terhindar dari harga yang terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *