Siasat Memiliki Rumah Bagi Anda yang Tinggal di Kota Besar

beli rumah

Memiliki rumah tentu menjadi impian semua orang, namun membeli rumah akan sulit dilakukan jika penghasilan seseorang pas-pasan. Saat ini, generasi milenial Jakarta sudah semakin sulit dalam menemukan rumah yang terjangkau sesuai dengan penghasilan. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan antara Karir.com dan Rumah123.com ditemukan bahwa hanya 17% dari kaum milenial yang bisa membeli rumah seharga Rp 300 juta di Jakarta. Menurut portal properti tersebut seseorang setidaknya membutuhkan gaji minimal Rp 7,5 juta perbulan untuk bisa memiliki sebuah rumah seharga Rp 300 juta saat ini. Hal ini dengan mempertimbangkan kredit dengan tenor 15 tahun dan bunga 10 persen tiap tahunnya. Gaya hidup yang konsumtif turut berpengaruh pada kesulitan generasi milenial memiliki rumah idaman.

Harga rumah yang cenderung naik dari waktu ke waktu menambah kesulitan generasi milenial untuk membeli rumah. Apalagi untuk mendapatkan rumah di kota besar tentu akan memerlukan upaya ekstra keras, Meski begitu tetap ada cara bagi Anda yang tinggal di kota besar dapat memiliki rumah idaman:

1. Memilih rumah pinggir kota

Membeli rumah pinggir kota dapat menjadi salah satu solusi untuk memiliki rumah bagi Anda yang tinggal di kota besar. Rumah pinggir kota memiliki harga yang lebih terjangkau dari harga rumah tengah kota. Anda juga akan jauh dari keramaian dan hiruk pikuk tengah kota sehingga Anda bisa istirahat dengan lebih maksimal. Rumah pinggir kota lebih tenang untuk ditinggali, namun Anda juga kelemahan seperti jarak tempat tinggal ke tempat kerja lebih jauh. Anda bisa mengatasi jarak ini dengan memilih lokasi yang memiliki sarana transportasi seperti stasiun kereta api yang searah dengan tempat kerja.

Baca juga  Sewa Rumah Murah di Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Surabaya, Bali, Banten, Yogyakarta

2. Memilih rumah lelang

Rumah lelang bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih rendah dari harga yang seharusnya. Rumah lelang ini bisa Anda dapatkan melalui bank. Rumah tersebut merupakan rumah yang dijadikan jaminan oleh pihak debitur. Bank melakukan lelang rumah karena debitur gagal dalam melunasi pinjaman yang dilakukan di bank. Rumah lelang biasanya memiliki harga yang miring karena bank membutuhkan dana yang cepat untuk kelancaran perputaran uang.

3. Memilih rumah tua

Cara kedua yang bisa Anda pilih adalah dengan membeli rumah tua. Rumah tua biasanya dibaderol dengan harga miring. Anda bisa memilih rumah tua yang masih layak huni yang berada di kota besar. Keuntungan membeli rumah tua adalah harganya yang lebih murah dan jika beruntung Anda bisa menemukan rumah yang berada di lokasi strategis, namun Anda perlu memperhatikan hal lainnya. Rumah tua tentu akan membutuhkan beberapa perbaikan. Anda bisa memperhitungkan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Jika Anda melewatkan bagian ini, anda mungkin akan menyesal nantinya sebab biaya perbaikan bisa sangat mahal.

4. Mencari rumah over kredit

Satu ini Anda harus lebih bersabar. Rumah over kredit terjadi ketika debitur tidak bisa melunasi kredit perumahan atau tidak bisa melanjutkan pembayaran. Rumah ini memang memiliki harga yang lebih miring dari harga yang seharusnya, meski begitu sedikit sulit untuk mencarinya secara langsung. Manfaatkan situs jual beli perumahan seperti sewa-rumah.net di mana terdapat banyak rumah dijual yang diiklankan. Anda harus menerapkan cara yang benar agar tidak memiliki masalah hukum ke depannya. Ada tiga cara yang dapat diterapkan untuk melakukan over kredit yaitu melalui notaris, bank dan di bawah tangan. Over kredit di bawah tangan tanpa pengetahuan bank dan notaris sebaiknya dihindari karena posisi pembeli sangat lemah di mata hukum.

Baca juga  Sewa Rumah Kontrakan Murah Di Indonesia

5. Memilih rumah bersubsidi

Pemerintah seringkali memberikan subsidi perumahan bagi masyarakat. Program ini tentu akan memudahkan Anda untuk segera memiliki rumah idaman. Umumnya pembayaran rumah bersubsidi relatif terjangkau dengan tenor yang panjang antara 10 hingga 20 tahun. Rumah bersubsidi adalah solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki rumah, meski begitu jumlah pemohon rumah ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di samping harganya yang terjangkau, developer rumah bersubsidi adalah developer terpercaya. Anda bisa tenang karena sangat kecil kemungkinan rumah gagal dibangun. Di sisi lain, akses perumahan ini biasanya sulit dijangkau dan jauh dari pusat kota.

Itulah siasat yang bisa Anda lakukan untuk memiliki rumah di kota besar. Sudah siap untuk melakukan pencarian rumah idaman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *