Baru Pindah Kontrakan? Hayo Desain Tempat Baru Anda dengan Biaya Murah

rumah dikontrakan
Source: Sewa Rumah

Anda baru pindah kontrakan? Atau baru saja mendapatkan rumah atau kamar kontrakan baru? Tepat sekali jika Anda mampir ke sini. Kali ini kita akan membahas bagaimana tips dan trik mendesain kontrakan yang baru dengan harga yang ekonomis.

Kenapa kita memerlukan desain dengan harga yang murah? Karena rumah kontrakan atau kamar kost-kostan bukan tempat tinggal kita selamanya alias tempat tinggal yang bersifat sementara. Merenovasi rumah kontrakan baru hanya memboroskan dana yang pada akhirnya Anda belum tentu menempati tempat tersebut kembali. Di tengah jalan Anda bisa merasa tidak betah karena berbagai sebab.

Jadi, kali ini kita akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana mendesain kontrakanmu yang baru menjadi semenarik mungkin dengan gaya arsitektur berkualitas tapi masih dengan harga yang murah. Mari kita simak tips-tipsnya.

1.  Suasana Segar

Tips yang pertama adalah memberikan nuansa yang segar dan tenang di dalam kontrakanmu. Tak perlu membeli perabotan atau cat tembok yang bagus untuk membuat suasana dalam kontrakanmu. Cukup kamu rapikan kontrakanmu, atau kamu bisa mengganti sprei kasurmu dengan sprei yang bernuansa segar dan tenang. Untuk Anda yang laki-laki,  bisa menggunakan sprei dengan warna dominan biru. Karena warna biru ini dipercaya oleh para ahli psikologi akan memberikan intuisi ketenangan dan kesegaran dalam pikiran.

Untuk Anda yang perempuan, kamu bisa menggunakan sprei kasur yang bermotif bunga-bunga. Karena menurut para ahli bahwa bunga akan memberikan perasaan yang menyenangkan untuk kaum wanita. Sehingga kamu bisa tenang dan terasa nyaman tinggal di dalam kontrakanmu sendiri.

Gimana nih kalau untuk pasangan suami isteri? Pilihlah warna-warna yang netral seperti biru, putih, krem dan hijau tua. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan warna-warna tertentu sesuai dengan kebutuhan psikologis Anda. Caranya, koleksilah beragam warna sprei yang bisa Anda ganti secara rutin. Selain berguna untuk ganti suasana, juga kebiasaan mengganti sprei adalah kebiasaan yang baik untuk menjaga kebersihan.

Suasanya segar juga bisa didapatkan dari menanam tanaman di dalam pot. Kenapa pot? Agar saat Anda pindah, dengan mudah bisa mengangkutnya.

2. Dekorasi Simpel, tapi berguna

Tips berikutnya adalah, menata perabotan agar lebih terorganisir berdasarkan pengelompokan masing-masing. Yang perlu diingat adalah kategorisasi, misalnya dalam mengatur alat-alat dapur, letakkan barang sejenis di tempat tersendiri. Gunakan ruang kosong yang tidak terpakai untuk tempat barang-barangmu. Anda bisa memanfaatkan kolong tempat tidur, atas lemari dan sudut-sudut kontrakan.

Meletakkan meja dan kursi belajar dekat jendela yang bisa Anda buka sewaktu-waktu agar mendapatkan udara segar. Atau meletakkan kasur berhadapan dengan jendela. Jadi, ketika kamu bangun tidur kamu langsung melihat pemandangan luar yang segar dan cerah.

3. Wallpaper

Terkadang kita ingin mengecat ulang warna tembok kontrakan yang membuat kita pusing melihatnya. Kita ingin warna cat yang sesuai dengan warna favorita atau mood kita. Namun, kendalanya belum tentu pemilik kontrakan mengizinkan. Lagipula, mengecat sendiri akan memakan biaya dan tenaga, sedangkan kita kemungkinkan akan tinggal hanya setahun di tempat itu. Kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan wallpaper sebagai pengganti cat.

Selain lebih murah dari harga cat tembok, kamu juga bisa mengganti wallpaper itu kapanpun sesukamu ketika kamu merasa bosan dengan motif wallpaper kamu. Kadang-kadang tak perlu seluruh dinding yang ditutupi wallpaper, tapi cukup di bagian tertentu saja. Bisa di bagian tertentu di dalam rumah, misalnya ruang keluarga. Atau di bagian tertentu di dinding kamar yang tujuannya ketika matamu lelah saat belajar atau main komputer, kamu bisa memandanginya.

4. Cahaya yang cukup

Salah satu kunci membuat rumah nampak nyaman adalah cahaya yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda pasti membutuhkan cahaya yang terang benderang di dapur karena cahaya sangat penting untuk menunjang aktivitas memasak. Begitu juga dengan di kamar yang biasanya digunakan untuk belajar. Di ruang keluarga cahaya tak perlu terlalu terang, karena biasanya ruang keluarga digunakan untuk menonton televisi. Anda bisa menyiasati dengan menggunakan dua lampu yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Tak perlu khawatir soal harga, sekarang ada banyak lampu yang bisa Anda dapat dengan harga murah di pasar-pasar tradisional.

Pastikan juga untuk selalu membuka jendela rumah di siang hari agar mendapatkan cahaya matahari dan udara yang segar. Rumah yang jendelanya jarang terbuka biasanya terasa sumpek dan lembab. Kondisi rumah semacam ini membuat bakteri tumbuh leluasa.

5. Memelihara Ikan

Sebenarnya memelihara ikan ini mampu menghiasi kontrakanmu agar tidak terlihat sepi seperti tanpa kehidupan. Dengan memelihara ikan, maka hiasan bertambah satu, namun hiasan ini mampu mempercantik kontrakanmu. Suara air di dalam akuarium yang tersemprot di malam hari akan membawamu pada ketenangan dan kedamaian. Suara air dalam akuarium ini bisa digunakan sebagai alat meditasi juga sebelum kamu tidur.

Mungkin Anda akan merasa keberatan jika kondisi rumah atau kamar kontrakan berukuran sempit. Namun, Anda bisa memiliki kolam ikan dengan ukuran yang sesuai dengan kondisi Anda.

Nah, itulah lima tips yang semoga berguna untuk memperindah kontrakan baru Anda dan membuat Anda lebih nyaman tinggal di dalamnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *