Dekor Ulang Ruang Tamu Anda dengan 5 Desain Berikut Ini

ruang tamu

Ruang tamu termasuk salah satu area penting yang pasti ada dalam setiap rumah, selain ruang makan, kamar tidur, dan kamar mandi. Meski mungkin terdapat perbedaan antara rumah besar dan rumah minimalis, tetapi keberadaan ruang tamu tidak bisa dihilangkan. Oleh karena itu perlu dipikirkan mengenai dekorasi ruang tamu yang Anda miliki, karena bagaimana pun juga ruang tamu adalah lokasi pertama yang akan dikunjungi jika ada tamu yang datang.

Dekorasi pada ruang tamu secara tidak langsung akan menggambarkan konsep yang diterapkan pada rumah itu, dan juga sebagai penarik perhatian dari para tamu yang berkunjung. Berikut lima contoh dekorasi ruang tamu yang mungkin bisa dijadikan pilihan.

1. Dekorasi bergaya Jepang

ruang tamu jepang
Source: J Aaron Farr

Konsep dekorasi ruang tamu bergaya Jepang diambil dari filosofi Zen yang berlandaskan pada kesederhanaan, ketenangan dan meditasi. Ternyata filosofi itu adalah penggambaran kehidupan masyarakat Jepang pada jaman dahulu dan cukup sesuai diterapkan pada masa sekarang, khususnya untuk arsitektur rumah minimalis. Warna dinding pada gaya Jepang ini bisa menggunakan warna krem, putih gading, atau abu-abu, atau bahkan mengkombinasikan beberapa warna tersebut. Selain itu bisa dibuat semacam sekat untuk memisahkan antar ruangan, seperti yang ada di Jepang pada umumnya. Sebagai pelengkap bisa diberi tambahan hiasan dinding bergaya Jepang. Sesuai dengan konsep kesederhanaan, tidak diperlukan banyak perabotan pada konsep ini, apalagi orang Jepang lebih suka duduk di lantai menggunakan bantal atau tatami. Meja pendek dan tikar Jepang bisa ditambahkan untuk melengkapi.

2. Dekorasi bergaya tradisional Indonesia

ruang tamu indonesia

Seperti halnya konsep gaya Jepang, gaya tradisional Indonesia juga diambil dari kebudayaan yang ada di Indonesia. Namun bedanya adalah Indonesia memiliki beragam budaya dan suku bangsa sehingga dekorasi yang dihasilkan bisa semakin beraneka ragam. Untuk warna dinding saja kita sudah menghadapi bermacam pilihan, mulai dari warna kalem seperti di Jawa atau warna cerah yang dipakai di Sumatera. Untuk perabotan sendiri juga tersedia berbagai opsi, misalnya memakai kursi dengan pola ukiran, memakai meja bermotif batik, dan lain sebagainya. Untuk hiasan di dinding bisa menggunakan wayang kulit, lukisan khas Indonesia, atau bahkan memajang keris. Banyak sekali pilihan hiasan yang unik dan mencerminkan budaya Indonesia.

Baca juga  Inilah Manfaat Memajang Lukisan di Dinding Hunian Anda

3. Dekorasi bernuansa alam

Bagi para pecinta alam tentunya akan sangat cocok jika menerapkan dekorasi nuansa alam ini. Konsep ini biasanya dipakai oleh rumah yang berdekatan langsung dengan alam dan cukup terbuka sehingga pencahayaan dan sirkulasi udara yang masuk sangat banyak. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan kesegaran dan suasana yang alami. Untuk warna dinding tentunya bisa memakai warna yang ada di alam, seperti hijau, biru, kuning atau mungkin putih. Sedangkan untuk perabotan tidak dipengaruhi warna melainkan bahan pembuatnya, misalnya memakai perabotan yang terbuat dari kayu jati ataupun rotan. Bisa juga menggunakan motif yang ada di alam, seperti bunga, dedaunan, gunung, sungai, dan lain-lain. Sebagai tambahan bisa diberikan hiasan dari kerang, lukisan dari dedaunan, dan hiasan alam sejenisnya.

4. Dekorasi bernuansa Islami


Source: Aliexpress.com

Agama Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia, oleh karena itu dekorasi bernuansa Islami bisa dijadikan salah satu pilihan bagi ruang tamu Anda. Apalagi sekarang hal-hal bernuansa Islam sudah biasa diperlihatkan di khalayak umum. Untuk konsep ini tentu mengambil dari kebudayaan Islam seperti di Timur Tengah. Sebagai warna dindingnya bisa memakai berbagai warna yang terasa sejuk dan nyaman seperti putih, hijau muda dan cokelat muda. Hiasan dinding bernuansa Islami juga bisa ditambahkan, misalnya bacaan ayat kursi atau lafadz Allah. Selain itu bisa juga ditambahkan lukisan kaligrafi yang indah dan menarik untuk dipandang. Sementara itu untuk perabotannya belum ada spesifikasi tertentu, untuk mengakalinya Anda bisa memakai perabotan yang berasal dari daerah Timur Tengah.

5. Dekorasi modern

ruang tamu modern

Konsep dari dekorasi Modern adalah tampilan yang sederhana tapi terlihat elegan. Konsep ini biasanya menggunakan pilihan warna yang futuristik seperti warna monokrom atau perak. Jika ingin menerapkan konsep ini tentunya Anda harus memutar otak untuk membuat tampilan yang terlihat modern dan kekinian. Perabotan yang digunakan biasanya terbuat dari plastik atau baja. Kedua bahan itu membuat perabotan terlihat sederhana dan elegan, selain itu keduanya juga memiliki daya tahan yang kuat. Untuk hiasan di dinding bisa memasang lukisan bergaya abstrak atau jika ingin lebih memahami gaya modern ini bisa melakukan riset dengan melihat film bergaya modern yang sudah banyak tersedia.

Baca juga  7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Desain Interior

Itulah lima dekorasi yang bisa dicoba di ruang tamu rumah Anda masing-masing. Sudahkah Anda menemukan dekorasi yang tepat, atau malah semakin bingung harus memakai yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *