Desain Taman Atap yang Menarik

desain taman atap
Kredit foto: Tommy Ian

Kebutuhan akan ruang terbuka hijau berupa taman saat ini memang memiliki banyak kendala untuk dapat terpenuhi. Hal ini salah satunya karena keterbatasan lahan. Terlebih bagi Anda yang tinggal di kota besar. Padahal taman memiliki banyak fungsi.

Selain membantu mendapatkan udara yang lebih bersih, taman juga bisa difungsikan sebagai tempat relaksasi. Menatap tanaman yang hijau atau bunga yang berwarna-warni dapat menyegarkan pikiran. Saat ini bahkan banyak orang yang memanfaatkan taman sebagai konsep restoran atau toko mereka.

Mungkin Anda juga menginginkan taman yang asri di rumah tapi luas lahan tidak memungkinkan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan taman yang cantik di rumah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan atap. Ya, bagian atas rumah dapat dijadikan sebagai taman atap yang menyenangkan.

Lalu, bagaimana menentukan desain taman atap yang menarik? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

1.  Pilih bentuk taman

Anda bisa menentukan sendiri bentuk taman yang diinginkan. Sesuaikan bentuk taman dengan lahan yang tersedia. Anda juga bisa menyiasati bentuk taman dengan mengubah ruang di atap tersebut. Misalnya jika atap Anda berbentuk persegi namun ingin taman berbentuk melingkar, sesuaikan saja bentuknya dengan menambahkan tembok semen.

2. Akses yang mudah

Taman atap yang baik harus mudah diakses oleh seluruh penghuni rumah. Pastikan bahwa tangga untuk menuju taman atap memiliki desain yang aman. Anda bisa mengubah tangga yang sudah ada dengan penambahkan pengaman.

3. Pertimbangkan hembusan angin

Anda juga harus mempertimbangkan angin yang berembus di atap. Karena letaknya di atas, angin akan bertiup lebih kencang. Pastikan bahwa terdapat tembok atau pagar yang cukup untuk menahan embusan angin sehingga taman atap tidak berantakan nantinya.

Baca juga  Ingin Berkebun tapi Halaman Rumah Sempit? Begini Cara Mengatasinya

4. Tentukan jenis tanaman

Berbagai jenis tanaman dapat dipilih untuk mengisi taman atap. Beberapa di antaranya adalah jenis palem-paleman, kaktus, bougenville, cemara, dan bunga kamboja.

5. Gunakan pot-pot bunga

Nah, sekarang bagaimana Anda akan mengatur tanaman-tanaman tersebut? Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan pot-pot bunga dengan beragam bentuk dan ukuran. Bahan pot bunga bisa berupa plastik, tanah, keramik, atau semen. Tanaman dalam pot akan mempermudah jika sewaktu-waktu Anda ingin mengubah letak tanaman tersebut.

6. Pilih sistem pengairan

Memiliki tanaman di atap rumah tentu membuat Anda harus memikirkan bagaimana cara merawatnya. Jika tidak, tentu taman tidak akan selalu seindah yang Anda inginkan. Anda bisa memanfaatkan teknologi penyiraman atau pun dengan cara manual. Pastikan bahwa tanaman-tanaman tersebut mendapatkan pengairan yang cukup sehingga tidak layu atau mati.

7. Tambahkan sofa

Sofa dengan bahan yang tahan air dan cuaca bisa menjadi pilihan untuk melengkapi taman atap Anda. Sofa-sofa tersebut dapat dijadikan tempat untuk bersantai sambil menikmati indahnya taman bunga. Namun jika Anda memilih desain taman atap yang memiliki pelindung di atasnya, misalnya rumah kaca, Anda bisa lebih leluasa menempatkan sofa tanpa khawatir akan rusak.

8. Tambahkan gazebo

Jika Anda ingin taman yang terbuka tanpa atap, Anda masih tetap bisa mendapatkan tempat untuk menikmatinya dengan nyaman tanpa khawatir akan panas atau hujan. Tambahkan saja gazebo berbahan bambu di salah satu sudutnya. Tentu Anda harus memikirkannya sejak awal di mana akan meletakkan gazebo tersebut.

9. Atur pencahayaan

Pencahayaan tentu menjadi satu hal yang penting ketika Anda tidak hanya ingin menikmati taman di siang hari. Sore hari menjelang malam juga menjadi saat-saat yang menyenangkan untuk bersantai di taman atap. Nah, Anda bisa menambahkan lampu-lampu yang sesuai. Anda juga harus memastikan instalasi listrik yang aman karena berada di ruang terbuka.

Baca juga  Ingin Berkebun tapi Halaman Rumah Sempit? Begini Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan desain taman atap yang menarik. Kini Anda tak perlu lagi khawatir dengan keterbatasan lahan. Taman atap dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan sebuah taman di rumah. Taman atap juga memiliki banyak fungsi. Selain untuk mendapatkan kualitas udara yang lebih baik, taman atap juga bisa menjadi pendingin alami bagi rumah Anda. Jadi anda bisa sekaligus menghemat biaya untuk menambah pendingin ruangan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *