Memilih Letak Jemuran yang Tepat

letak jemuran

Terkadang, beberapa hal penting namun sering dianggap sepele luput dalam pertimbangan ketika memilih desain hunian. Salah satunya adalah tempat jemuran. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk lokasi jemuran yang tepat, pastikan untuk membaca ulasan kali ini agar Anda mendapat pilihan yang tepat.

Sebelum memutuskan di mana tempat jemuran di rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Agar mendapatkan letak jemuran yang pas, perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Indoor atau outdoor

Ada dua pilihan lokasi jemuran yang bisa Anda pilih, yaitu indoor dan outdoor. Dua lokasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jemuran dengan penempatan di dalam ruangan membuat Anda tidak perlu khawatir saat hujan. Anda bisa bebas meninggalkan pakaian yang dijemur dengan tenang. Namun, jemuran indoor membuat pakaian tidak mendapatkan sinar matahari langsung.

Jika Anda memilih tipe tempat jemuran yang satu ini, pastikan bahwa ventilasi di ruangan tersebut cukup baik. Tempatkan jemuran pada sudut yang memungkinkan banyak angin masuk. Kalaupun tidak ada sinar matahari, Anda bisa mendapatkan bantuan dari tenaga angin untuk mengeringkan pakaian.

Di sisi lain, Anda juga bisa memilih tempat jemuran outdoor. Dengan jemuran yang tidak tertutup, pakaian akan cepat kering karena adanya sinar matahari. Namun Anda juga perlu mempertimbangkan ketika musim hujan tiba.

Untuk menyiasati tempat jemuran yang terbuka, buatlah separuh atap pada tempat tersebut sehingga jemuran dapat segera diselamatkan ketika hujan. Anda tentu juga tidak repot ketika harus meninggalkan jemuran di rumah dengan adanya atap. Namun Anda juga tetap mendapatkan sinar matahari dengan bagian ruang yang tanpa atap.

2. Tampilan

Tempat jemuran yang terlihat dari luar rumah, terkadang dapat mengganggu keindahan hunian. Jika Anda memang mementingkan penampilan rumah, pastikan untuk menempatkan jemuran yang tidak terlihat dari luar. Anda bisa memilih loteng sebagai tempat yang tepat. Buatlah pagar keliling pada tempat jemuran jika belum ada. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan tampilan rumah.

3. Kenyamanan

Seberapa sering Anda mencuci? Jika Anda melakukannya lebih dari 3 kali seminggu, pastikan untuk memilih lokasi jemuran yang mudah dijangkau. Pastikan letak jemuran dan lokasi mencuci berada di lantai yang sama. Tentu akan menguras tenaga jika Anda harus naik turun tangga untuk menjemur pakaian. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menempatkan ruang jemuran pada lokasi di mana semua penghuni rumah mudah menjangkaunya.
Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan bau dari pewangi atau detergen. Jangan sampai bau wangi tersebut mengganggu penghuni rumah atau membuat kita tidak nyaman. Terkadang bau yang menyengat dapat mengganggu konsentrasi ketika beraktivitas.

4. Luas ruangan

Apakah Anda tinggal bersama keluarga besar di rumah? Jika memang demikian, Anda pasti memerlukan tempat jemuran yang cukup luas. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan lebih banyak gantungan pakaian. Hanya, pastikan bahwa Anda memiliki ruang gerak yang cukup ketika harus menjemur pakaian.

5. Lantai

Bagian lantai dari ruang jemuran terkadang luput dari perhatian. Padahal hal ini merupakan satu hal yang penting. Untuk menghindari terjatuh akibat lantai yang licin, pastikan untuk memasang ubin yang tepat.

Anda juga perlu untuk memperhatikan saluran untuk mengalirkan tetesan air dari pakaian yang dijemur. Jangan membiarkan air menggenang karena dapat menyebabkan beberapa masalah. Salah satunya adalah menyediakan tempat untuk nyamuk dapat berkembang biak dengan leluasa. Tentu Anda tidak ingin rumah menjadi banyak nyamuk.

6. Manfaatkan teknologi

Saat ini, teknologi untuk membangun sebuah rumah yang “cerdas” telah berkembang pesat. Anda bisa memilih menggunakan teknologi canggih untuk membuat tempat jemuran sesuai keinginan. Misalnya saja dengan penambahan pengering agar menjemur pakaian tidak perlu terlalu lama. Desain jemuran pun tersedia dalam berbagai bentuk. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menentukan letak tempat jemuran di rumah Anda. Namun, hal yang terpenting adalah kesesuaian dengan fungsinya. Jangan sampai Anda mendapat tampilan jemuran yang bagus namun kurang dapat berfungsi dengan baik. Usahakan untuk menyeimbangkan fungsi dan tampilannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *