Inspirasi Tangga Rumah Unik

tangga rumah buku
Sumber: goodglance.com

Berkreasi dengan desain rumah memang tidak ada habisnya. Setiap orang memiliki jiwa kreativitasnya masing-masing. Itulah yang bisa memunculkan sebuah keunikan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai desain tangga rumah unik.

Ternyata, banyak sekali jenis tangga rumah yang bisa menjadi pilihan anda. Tangga bukan hanya dapat berfungsi untuk berjalan ke atas atau ke bawah namun juga dapat difungsikan sebagai media yang menarik dan berguna. Untuk menemukan inspirasi tangga unik, mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Tangga rak buku

Untuk seorang pembaca buku yang fanatik, memiliki tangga rak buku di rumah bisa jadi merupakan salah satu impiannya. Penggunaan bagian bawah tangga sebagai rak buku sekaligus dapat menghemat ruang. Susunan rak buku yang bertingkat sesuai dengan tinggi anak tangga membuat sudut rumah menjadi lebih menarik.

Anda pun bisa menyulap ruang di bawah tangga menjadi perpustakaan mini yang berisi buku-buku favorit. Aturlah buku-buku sedemikian rupa agar terlihat rapi. Kini Anda bisa memamerkan koleksi buku Anda tanpa harus menyediakan ruangan yang besar.

2. Tangga laci

Selain rak buku, tangga juga bisa didesain multifungsi. Misalnya saja pemanfaatan anak tangga sebagai laci. Caranya adalah dengan membuat ruang di setiap anak tangga dan memasanginya dengan kotak kayu atau bahan lainnya yang lebih awet. Anda bisa memanfaatkan laci-laci tersebut sebagai media penyimpanan perkakas, sepatu, dan lain-lain.

3. Kamar di bawah tangga

Jika Anda pernah menonton film Harry Potter, Anda pasti tahu bahwa Harry kecil tinggal di sebuah kamar sempit di bawah tangga. Namun tentunya Anda dapat membuat ruangan di bawah tangga rumah Anda menjadi lebih nyaman daripada kamar si Harry Potter.

Baca juga  Kamar Sempit Kini Bukan Masalah Lagi. 7 Desain Ini Akan Membuat Kamarmu Lebih Lega

Anda bisa menambahkan ranjang kecil atau sofa untuk bersantai. Jika Anda sedang butuh tempat menyendiri, ruangan tersebut bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk mendesain ruangan dengan ventilasi yang cukup.

4. Lemari pakaian

Lemari tidak harus berdiri sendiri. Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga untuk menyimpan pakaian. Pastikan bahwa ruangan tersebut tetap bersih agar pakaian tidak bermasalah. Sediakan tempat untuk menggantung pakaian sesuai dengan kebutuhan.

Jika letak tangga menyatu dengan kamar tidur, maka desain ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuaikan lemari yang akan dibuat dengan ruangan yang tersedia. Anda juga bisa menambahkan lampu di dalam lemari.

5. Tangga seluncuran

Beberapa kantor menerapkan desain ini untuk tangga di dalam ruangan. Anda pun bisa mencoba menerapkannya di rumah. Tangga seluncuran dapat terbuat dari bahan kayu maupun bahan lainnya. Desain tangga ini membuat rumah Anda menjadi menyenangkan. Anda bisa turun dari lantai atas rumah tanpa harus menuruni satu per satu anak tangga. Tangga seluncuran juga bisa membantu mengurangi stres.

6. Tangga dengan lampu sensor

Pembuatan tangga ini tentu membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Tangga bergaya futuristik yang satu ini dapat membuat suasana rumah lebih hidup. Penambahan lampu sensor yang dapat menyala ketika tangga dipijak akan memberikan kesan unik dan istimewa.

Jika Anda termasuk orang yang mementingkan tampilan rumah yang unik, Anda patut mencobanya. Pastikan bahwa Anda juga mempertimbangkan biaya pemeliharaannya.

7. Lukisan di anak tangga

Anda penyuka seni? Mungkin inilah saatnya menunjukkan kepribadian Anda lewat desain rumah. Bagian anak tangga di rumah Anda bisa menjadi media lukis yang unik. Anda akan mendapatkan lukisan yang saling menyambung dari satu anak tangga ke anak tangga lainnya.

Baca juga  7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Desain Interior

Jika Anda menginginkan sebuah lukisan di anak tangga, pastikan untuk memperhatikan perspektifnya. Terdapat 2 sisi anak tangga, yaitu posisi vertikal dan horizontal. Anda bisa menambahkan lukisan yang berbeda pada 2 sisi tersebut. Tapi Anda juga bisa memilih sisi vertikalnya saja karena bagian horizontal akan sering terinjak.

8. Tangga warna-warni

Nah, ini pilihan tangga unik terakhir yang cukup menarik. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membuatnya. Tangga warna-warni bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai permainan warna untuk hunian Anda. Warna-warna yang dipilih dapat disesuaikan dengan interior lainnya. Tangga ini dapat memberikan kesan keceriaan di dalam rumah.

Itulah 8 inspirasi tangga unik yang bisa Anda pilih untuk diterapkan yang akan membuat rumah Anda semakin keren. Kira-kira apa pilihan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *