Pajangan untuk Dekorasi Rumah yang Bisa Anda Buat Sendiri

dekorasi rumah

Rumah bukan hanya sebagai tempat berlindung tapi juga istana bagi diri sendiri dan keluarga. Keindahan sebuah hunian dapat memberikan efek positif pada penghuninya. Itulah mengapa banyak orang sangat serius memilih benda-benda yang akan dipajang di rumah. Nah, di antara sekian banyak benda pajangan untuk mempercantik rumah Anda, ada beberapa benda yang bisa Anda buat sendiri. Jadi Anda bisa menghemat pengeluaran. Apa saja benda pajangan tersebut? Simak di sini: 

1. Lukisan

Lukisan merupakan salah satu benda bernilai seni yang bisa Anda buat. Jika Anda mempunyai hobi atau bakat melukis, akan sangat menyenangkan untuk memajang karya Anda sendiri di rumah. Ada berbagai jenis lukisan yang berkembang di dunia. Mulai dari lukisan kanvas dengan cat minyak, cat air, lukisan 3 dimensi, dan lain-lain.

Agar lukisan Anda awet, gunakanlah bingkai dengan kaca untuk melindunginya. Tentu saja Anda juga harus menentukan lebar lukisan sebelum mulai melukis. Petimbangkan kesesuaiannya dengan dinding tempat lukisan tersebut akan dipajang. Jangan lupa menentukan tema yang unik dan menarik.

2. Bunga artifisial

Sebuah vas dengan bunga-bunga yang cantik tidak harus dibeli. Anda pun bisa membuat sendiri bunga-bunga tersebut sesuai dengan kreativitas. Umumnya, bunga yang bisa dibuat dengan tangan bisa berupa bunga flanel, bunga kertas, atau bunga dari sedotan. Anda bisa mencari tutorialnya di internet.

Untuk memudahkan perawatan, letakkan vas bunga tersebut di dalam lemari kaca agar tidak terkena debu. Atau, Anda juga bisa meletakkannya di meja dan menggantinya ketika sudah kotor. Bunga-bungaan tersebut memang lebih sulit dibersihkan. Namun Anda tetap bisa menghemat sekaligus berkreasi.

3. Foto berbingkai

Memajang foto diri dan keluarga memang sudah menjadi hal yang umum. Namun Anda bisa menambahkan sedikit ide kreatif Anda dalam memajang foto dengan membuat bingkai sendiri. Anda tinggal menyiapkan bahan-bahan seperti lem, cutter, karton duplex, kaca, biji-bijian, bunga dan daun kering, kulit kerang, pasir pantai, serta foto yang sudah dicetak.

Ada beberapa bahan yang bisa Anda pilih. Pertama, buatlah dasar bingkai menggunakan karton duplex. Siapkan juga kaca untuk melindungi foto Anda. Setelah itu, Anda bisa berkreasi dengan bahan yang Anda pilih. Pastikan lem pada bingkai telah benar-benar kering sebelum Anda memasukkan fotonya.

4. Kolase

Ini merupakan salah satu jenis seni kerajinan tangan yang dulu sering diajarkan di sekolah. Kolase adalah seni menempel sesuatu yang berukuran kecil di atas sebuah gambar. Anda bisa menggunakan potongan kertas warna-warni, kulit telur, kulit kacang, biji-bijian, dan potongan kain perca. Pajangan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak hobi melukis karena lebih mudah pengerjaannya.

5. Miniatur

Miniatur berbentuk rumah-rumahan bisa Anda buat dengan menggunakan benda-benda seperti stick es krim atau gulungan kertas koran. Prinsipnya adalah menyatukan benda tersebut menggunakan lem hingga menjadi sebuah miniatur yang cantik. Anda juga bisa menambahkan pewarna agar terlihat lebih menarik.

Pajangan ini juga bisa Anda kreasikan sebagai tempat memajang aneka souvenir berbahan ringan. Pastikan untuk memilih lem yang kuat sehingga tidak mudah terlepas dan rusak. Lapisilah miniatur kreasi Anda dengan pelapis anti rayap agar tahan lama.

6. Kruistik

Kruistik merupakan seni yang populer pada tahun 90an. Namun kini seni ini kembali diminati banyak orang karena keunikannya. Kruistik merupakan seni menyulam dengan teknik tusuk silang. Anda memerlukan kain jaring, jarum, benang wol, pensil, dan bingkai. Bahan-bahan yang diperlukan bisa didapatkan di toko yang menjual aneka bahan kerajinan tangan.

Untuk menghasilkan sebuah karya kruistik, pertama-tama Anda harus mencetak sebuah gambar pada kain jaring. Anda tidak harus menggambar, tapi bisa menyalin gambar lain di atas jaring kruistik dengan menggunakan kertas karbon. Setelah itu, Anda tinggal mempelajari teknik menyulam silangnya. Perhatikan juga pemilihan warna benangnya sehingga hasil karya Anda terlihat indah.

7. Tirai

Jika Anda pergi ke pantai, akan sering menemukan penjual kerajinan hasil laut yang berupa tirai dari kulit kerang. Nah, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Beberapa bahan bisa Anda pilih. Salah satunya adalah manik-manik dan akrilik. Sediakan senar, gunting, kawat, serta manik-maniknya.

Anda bisa memasang tirai pada jendela dan pintu. Jika Anda memasang tirai tersebut pada pintu, pastikan untuk memilih jenis bahan yang aman dan tidak akan melukai.

Itulah berbagai jenis pajangan yang bisa Anda pilih untuk menambah keindahan rumah Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *