Inilah Manfaat Memajang Lukisan di Dinding Hunian Anda

lukisan rumah

Memajang lukisan di rumah bagi para penyuka seni adalah hal yang umum dilakukan. Namun jika Anda bukan salah satu di antaranya, sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini. Ternyata memajang lukisan di rumah bukan hanya memiliki manfaat keindahan saja. Berbagai manfaat tak terduga bisa Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat memajang lukisan di dinding hunian Anda.

1. Menginspirasi penghuni rumah

Sebuah lukisan sarat dengan nilai seni. Selain indah dipandang mata, lukisan yang dipajang di dinding rumah dapat mendatangkan inspirasi. Lukisan-lukisan yang dipajang di dalam hunian, disadari atau tidak, dapat memicu daya imajinasi dan kreativitas bagi siapa saja yang memandangnya. Hal ini memungkinkan penghuni rumah untuk mendapatkan ide-ide baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

2. Menambah kesan menarik pada ruangan

Sebuah ruangan tanpa dekorasi yang detail dapat terbantu dengan adanya lukisan yang terpajang di dinding. Dinding tersebut akan menjadi daya tarik dan titik perhatian dalam ruangan. Ukuran lukisan dapat disesuaikan dengan luas dinding sehingga menjadi proporsional.

3. Menggambarkan kepribadian

Umumnya, lukisan menggambarkan kepribadian pemilik rumah. Saat ini terdapat berbagai jenis lukisan di seluruh dunia. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, dari ratusan ribu hingga jutaan. Bahkan karya-karya pelukis ternama dapat dihargai hingga puluhan juta atau bahkan milyaran. Anda bisa memilih lukisan yang cocok dengan kepribadian Anda. Hal yang perlu diingat, dalam seni harga bukanlah hal yang paling penting.

4. Memberi efek luas pada ruangan sempit

Selain memasang cermin pada dinding, untuk memberikan kesan luas pada sebuah ruangan yang sempit dapat disiasati dengan memajang lukisan. Umumnya lukisan yang dapat digunakan untuk memberikan kesan luas pada ruangan adalah lukisan yang bertema pemandangan alam. Lukisan pantai atau pegunungan dapat menjadi pilihan Anda yang ingin memberikan efek luas pada ruangan yang Anda inginkan. Pastikan memajang lukisan dengan ukuran dan pada tempat yang tepat sehingga tidak akan membuat ruangan justru terlihat semakin penuh sesak.

Baca juga  Inilah yang Harus Anda Hindari Saat Mendesain Ruang Keluarga

5. Untuk tolak bala dan mendatangkan keberuntungan

Beberapa orang memiliki kepercayaan bahwa sebuah lukisan yang dipajang di dinding hunian dapat menjadi simbol tolak bala serta mendatangkan keberuntungan bagi penghuni rumah. Lukisan seperti ikan koi adalah salah satu jenis lukisan yang sering dipajang untuk tujuan tersebut. Beberapa suku tertentu di Indonesia juga memiliki kepercayaan terhadap simbol-simbol pada lukisan.

6. Memberi semangat dan motivasi

Lukisan-lukisan dengan tema tertentu dapat memberikan semangat dan motivasi bagi penghuni rumah. Lukisan yang memiliki kesan ceria baik dari segi objek ataupun perpaduan warnanya dapat memicu semangat yang positif ketika dipandang mata. Terkadang pelukis juga ingin menyampaikan semangatnya melalui karya yang tertuang pada lukisan sehingga semangat tersebut dapat tersampaikan pada orang lain.

7. Memberi efek relaksasi

Jenis lukisan bertema pemandangan alam ataupun makhluk hidup dapat memberikan efek relaksasi sehingga secara tidak langsung dapat membantu untuk meredakan stres. Dengan memandang sebuah lukisan mengenai pantai misalnya, daya imajinasi kita akan terpancing untuk membayangkan berada pada sebuah pantai dengan debur ombak dan warna biru yang dapat menenangkan pikiran.

8. Memberikan kepuasan tersendiri

Setiap lukisan pasti memiliki keunikannya masing-masing. Ketika Anda memberi sebuah karya asli dari pelukisnya, Anda akan mendapatkan sebuah kepuasan tersendiri karena keunikan lukisan tersebut menjadi milik Anda. Beberapa orang bahkan tertarik untuk mengoleksi berbagai lukisan di rumahnya demi mendapatkan kepuasan batin. Mengoleksi lukisan dan membuat galeri di rumah bisa menjadi sebuah hobi yang menyenangkan. Orang-orang yang berkunjung ke tempat Anda juga akan dibuat kagum oleh koleksi lukisan Anda.

Itulah berbagai manfaat memajang lukisan di dinding hunian Anda. Pastikan bahwa ketika Anda ingin memajang sebuah lukisan, carilah referensi sebanyak-banyaknya mengenai cara memajang serta bagaimana memutuskan ukuran yang tepat untuk hunian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *