Rombak Total Dapur dengan Desain Dapur Berikut Ini

desain dapur

Dapur menjadi sebuah sudut yang penting bagi sebuah hunian. Hal ini karena fungsi dapur yang tidak dapat digantikan oleh ruangan lain. Dari dapurlah masakan yang lezat dapat dinikmati keluarga. Kini kebutuhan desain dapur menjadi hal yang umum bagi masyarakat. Dapur tidak hanya sekadar dipandang untuk tempat memasak tetapi juga ruangan multifungsi lainnya. Tampilan dapur yang menyenangkan tentunya akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Berikut adalah 5 pilihan desain dapur unik yang bisa Anda coba:

1. Dapur terbuka

Desain dapur ini dapat membantu Anda dalam menyiasati luas tanah yang sempit. Dapur terbuka umumnya menjadi pilihan bagi rumah minimalis untuk menghemat ruang. Penempatan dapur terbuka umumnya berada di area belakang rumah, menyatu dengan halaman belakang. Dapur terbuka dapat dibangun dengan luas ruang yang terbatas tanpa menempatkan kitchen set. Anda cukup menempatkan kompor dan kitchen sink. Sedangkan untuk tempat meletakkan peralatan memasak dan persediaan bahan makanan, Anda dapat memasang lemari dinding dan sebuah rak sederhana sesuai dengan keperluan.

Salah satu kelebihan dari dapur terbuka adalah ventilasi yang baik, sehingga ketika Anda memasak, bau dan asap yang mungkin dihasilkan tidak akan mempengaruhi udara di dalam rumah. Terlebih jika rumah Anda memiliki halaman belakang. Kegiatan memasak pasti akan lebih menyenangkan. Anda bisa memanfaatkan dapur terbuka Anda untuk menggelar pesta sederhana dengan keluarga tercinta.

2. Dapur model farmhouse

Ciri utama dari dapur tipe ini adalah bentuk kabinet yang terbuka, meja panjang, dan suasana alami yang didapatkan dari jendela-jendela untuk menghubungkan langsung dengan luar ruangan. Pemilihan elemen kayu menjadi hal yang dominan. Untuk detail tambahan, Anda bisa menempatkan foto-foto keluarga dalam bingkai. Pada sisi dinding yang tidak terpasang kabinet, Anda bisa menambahkan papan tulis dengan kapur untuk menuliskan memo atau menggambar karya seni Anda sendiri.

Baca juga  Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah

3. Dapur klasik

Desain dapur ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang menyukai tipe rumah minimalis. Dapur model klasik menghendaki ruangan yang cukup luas atau tinggi. Ciri khas dari dapur ini adalah rak-rak kabinet yang tinggi ke atas dengan pintu-pintu kaca yang dapat memperlihatkan dengan jelas isinya. Umumnya dapur klasik menyatu dengan meja makan tanpa sekat. Pemilihan meja dan kursi merupakan salah satu hal yang penting. Warna yang mendominasi dapur ini lebih banyak putih, hitam, dan cokelat. Warna hitam bisa didapatkan dari batu-batuan pada dinding sedangkan warna cokelat bisa didapatkan dari furniturnya yang berbahan kayu. Untuk mendapatkan kesan klasik yang kental Anda bisa menambahkan tempat lilin serta memasang lampu kristal di tengah dapur.

4. Dapur modern

Jenis dapur ini dapat dipilih untuk rumah minimalis maupun rumah yang lebih luas. Kuncinya ada pada pemilihan tipe kitchen set. Jenis dapur modern menghendaki pentingnya fungsi sekaligus tampilannya. Dapur modern terlihat dari pemilihan interior dan peralatan memasak yang lebih menonjolkan unsur metal dengan perpaduan berbagai warna yang berani. Peralatan memasak dan perlengkapan dapur lebih menonjolkan teknologi canggih. Penataan perkakas pun dilakukan secara smart dan terorganisir dengan pemanfaatan ruang yang optimal. Dapur modern dapat digabungkan menjadi satu dengan meja makan ataupun terpisah. Anda juga dapat menambahkan meja bar jika menyukainya.

5. Dapur tradisional

Apa yang Anda bayangkan mengenai dapur tradisional? Mungkin penjelasan ini akan mengubah bayangan Anda sebelumnya. Jenis dapur tradisional bukanlah pilihan yang buruk jika Anda menginginkan kesan sederhana yang homey. Dapur tradisional memang lebih mengutamakan fungsi, namun Anda bisa membuat dapur tradisional dengan gaya Anda sendiri. Kunci dari desain dapur tradisional adalah penggunaan furnitur kayu dengan detail yang minim, biasanya tanpa ukiran atau ornamen-ornamen.

Baca juga  Dapur Berantakan? Kini Tidak Lagi dengan Tips Berikut!

Dapur tradisional umumnya menonjolkan warna putih atau warna asli kayu. Penempatan sebuah jendela di salah satu sisi yang langsung menghadap ke luar ruangan akan menambah manis desain dapur tradisional Anda. Pemilihan warna yang sederhana tidak akan membuat dapur menjadi tempat yang membosankan jika Anda memadukannya dengan pemilihan perlengkapan dapur yang Anda inginkan.

Itulah lima pilihan desain dapur yang bisa Anda coba. Pastikan untuk mengutamakan desain sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dan keluarga. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *