Kamar Sempit Kini Bukan Masalah Lagi. 7 Desain Ini Akan Membuat Kamarmu Lebih Lega

kamar tidur

Di jaman sekarang ini memiliki rumah yang luas adalah hal yang sulit. Harga tanah dan perumahan yang melonjak drastis, membuat sebagian besar keluarga harus berpuas diri dengan rumah berukuran kecil di perumahan. Usaha-usaha menyiasati ruangan atau kamar yang sempit mesti dilakukan. Jangan khawatir, di sini ada beberapa tips desain untuk membuat kamar sempit menjadi lebih luas, silakan disimak:

1. Jangan sampai kamar terlihat berantakan

Syarat pertama dan paling utama untuk membuat kamar yang sempit terasa lebih lega adalah pengaturan barang-barang atau perabotan yang dimiliki. Pilih mana saja barang yang memang benar-benar dibutuhkan dan jangan memasukkan perabotan yang tidak diperlukan ke dalam kamar. Bila selesai menggunakan barang segeralah kembalikan ke tempat asalnya, jangan dibiarkan menumpuk sampai akhirnya kamar menjadi berantakan. Kamar yang berantakan akan memberikan kesan tidak nyaman, meskipun pada kamar yang luas sekalipun. Oleh karena itu biasakan agar kamar selalu terlihat rapi dan tertata.

2. Pemanfaatan dinding

Dinding merupakan salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kamar terasa lebih lega. Dinding yang biasanya hanya ditempati oleh lukisan, jam atau kalender ini bisa digunakan untuk hal lain yang bisa menghemat pemakaian lahan ruangan, misalnya membuat rak yang menempel di dinding. Rak ini bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam barang berukuran kecil sampai sedang, seperti buku, alat makeup, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Penataan yang kreatif akan menjadikan rak dinding terlihat indah dan menarik perhatian, maka selain membuat ruangan lebih lega juga membuat ruangan lebih menarik.

3. Pemanfaatan bawah tempat tidur

Area di bawah tempat tidur juga bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan, namun hanya untuk tempat tidur yang memiliki ruang kosong di bawahnya. Bagi yang ingin tetap menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau peralatan yang jarang digunakan, area ini adalah solusi atas keinginan Anda. Barang-barang seperti kaset cd, dokumen lama, kertas bekas yang masih berguna, dan lainnya bisa dikemas dalam sebuah kardus atau dibungkus plastik sebelum diletakkan di bawah tempat tidur. Namun area ini tentu saja harus sering dibersihkan agar barang-barang tersebut tetap terawat dan terhindar dari debu, meskipun sudah dibungkus plastik ataupun kardus.

4. Pemanfaatan sudut ruangan

Setiap ruangan pasti memiliki sudut yang biasanya dibiarkan kosong. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik maka akan membantu untuk menghemat penggunaan lahan di dalam ruangan. Misalnya dengan memanfaatkan salah satu sudut ruangan untuk meja dan kursi kecil yang bisa dipakai untuk tempat belajar ataupun bekerja. Selain itu rak dan lemari juga bisa ditempatkan di sudut ruangan. Bagi yang mempunyai kemampuan untuk menyusun rak dengan baik maka sudut ruangan ini tidak hanya menjadi tempat untuk menyimpan barang melainkan memberikan tampilan visual yang cantik juga.

5. Pemanfaatan cermin

Satu hal yang biasanya tidak diketahui oleh para pemilik ruangan adalah pentingnya keberadaan sebuah cermin. Kebanyakan para pemilik ruangan yang sempit akan memilih cermin berukuran kecil demi menghemat penggunaan lahan di ruangan mereka. Padahal seharusnya mereka menggunakan cermin yang berukuran besar untuk memberikan kesan lebih luas. Keberadaan cermin yang besar tidak hanya sebagai cahaya tambahan, melainkan untuk merubah sudut pandang ruangan tersebut. Pantulan yang dihasilkan cermin membuat seolah-olah ada dua ruangan di sana dan memberikan ilusi bahwa ruangan tersebut lebih luas dari sebenarnya.

6. Pemanfaatan area tertentu

Beberapa area tertentu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan untuk lebih menghemat penggunaan lahan dalam ruangan. Misalnya area di belakang pintu bisa digunakan sebagai tempat untuk menggantung pakaian yang telah dipakai, atau bahkan dipasang gantungan seperti di hotel yang bisa dipakai untuk menggantung handuk. Bagi yang mempunyai wastafel bisa membuat sebuah rak di atasnya untuk menyimpan peralatan pribadi seperti sisir, sikat, peralatan makeup, dan lain sebagainya. Intinya adalah gunakan kreativitas Anda untuk memanfaatkan area yang ada dengan sebaik mungkin.

7. Memilih perabotan yang tepat

Yang tidak kalah penting dalam membuat ruangan terasa lebih lapang adalah perabotan yang tepat. Ukuran, model, bahkan bahan pembuat perabotan harus dipertimbangkan dengan baik sebelum meletakkannya di dalam ruangan. Perabotan dengan bentuk yang minimalis tentunya akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya. Selain itu alangkah baiknya jika perabotan tersebut bisa memiliki fungsi ganda. Misalnya sebuah lemari yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian, sebagai rak TV dan memiliki laci untuk menyimpan peralatan lainnya. Perabotan yang multi fungsi akan memberikan opsi lebih bagi kita untuk melakukan penataan yang lebih baik. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menatanya dengan baik dan rapi agar menjadikan ruangan terlihat lebih indah, bukan malah membuat ruangan terlihat penuh atau berantakan.

Dengan tujuh tips di atas, kamar kini terasa lebih lapangan dan dapat menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *