Siasati Desain Rumah Untuk Mengatasi Stres

desain rumah untuk mengatasi stres

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai hubungan antara permasalahan di atas dengan desain rumah. Desain rumah sedikit banyak mempengaruhi kondisi pikiran dan emosi penghuninya. Oleh karena itulah keadaan stress, anak rewel, atau mungkin pekerjaan tidak berjalan sesuai dengan harapan dapat terjadi karena desain rumah yang tidak tepat. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan langkah desain rumah untuk mengatasi stres berikut ini:

1. Membuat taman, kolam ikan, atau air mancur

Apa saja yang bisa membuat rumah tampak lebih asri? Pilihannya adalah penambahan taman, kolam ikan, atau air mancur. Ketiga ikon tersebut dapat menjadi pereda stres dan menyegarkan pikiran. Hal ini karena baik taman maupun kolam iklan dan air mancur merupakan hal yang berkaitan langsung dengan alam dan alam memiliki kekuatan menyembuhkan tersendiri. Jika tidak memungkinkan karena lahan terbatas atau hal lainnya, Anda bisa meletakkan akuarium dan tanaman dalam pot. Tentu Anda juga harus merawatnya secara rutin.

2. Memajang lukisan

Lukisan merupakan salah satu wujud karya seni yang memiliki keindahan. Pilihlah lukisan yang memberikan nilai positif ketika Anda dan penghuni rumah lainnya melihatnya. Lukisan tersebut bisa Anda tempatkan di mana saja, mulai dari kamar tidur sampai ruang tamu. Pilihan lukisan bertema pemandangan alam yang cukup lebar dapat memberikan efek menenangkan bagi siapa saja yang memandangnya. Anda juga bisa memajang lukisan bunga-bunga atau pemandangan yang dapat memberikan efek relaksasi. Bayangan pemandangan juga dapat digunakan dalam meditasi atau yoga.

3. Mengatur perabotan

Stress dan kecemasan dapat timbul karena barang-barang yang berserakan dan tidak tertata dengan rapi. Katidakrapian tersebut membuat ruangan menjadi terkesan sempit. Padahal sebenarnya ruangan yang sempit dapat mengurangi efek relaksasi di rumah. Selain itu, ketika menaruh barang tidak pada tempat sehingga anak ataupun Anda sendiri kehilangan sesuatu, akan menjadi lebih sulit untuk menemukannya. Sebaiknya, aturlah letak perabotan serapi mungkin. Anda juga bisa menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak dibutuhkan lagi ke dalam gudang.

4. Penggunaan warna

Pemilihan warna cat dan perabotan rumah merupakan hal yang penting untuk menciptakan kondisi rumah ideal. Anda bisa menggunakan warna-warna yang padu jika memang ingin mengaplikasikan warna berbeda pada perabotan. Kuncinya adalah penempatan warna tersebut tidak saling “menghilangkan”. Misalnya saja warna dinding biru muda, sedangkan warna rak buku hitam. Jadi benda yang ditempatkan menempel pada dinding tidak terkesan ”lenyap”. Anda juga bisa memilih warna-warna cerah untuk menambah kesan luas pada ruangan.

5. Pencahayaan

Apakah Anda memasang lampu yang sama pada setiap ruangan di rumah Anda? Agaknya Anda harus mulai menggantinya. Lampu yang terlalu redup atau terlalu terang akan tidak baik. Sebaiknya sesuaikan terangnya lampu sesuai dengan kebutuhan kita. Terlebih untuk ruang belajar anak dan kamar tidur. Di siang hari, biasakan untuk memaksimalkan bantuan sinar matahari sebagai penerangan rumah Anda. Maksimalkan fungsi jendela dan pintu untuk mendapatkan pencahayaan yang baik agar rumah tetap terkesan nyaman. Selain hemat listrik, Anda juga dapat terhindar dari perasaan negatif.

6. Sediakan tempat untuk merenung

Anda perlu memiliki sebuah tempat di rumah Anda untuk berpikir atau sekadar merenung. Sediakan sebuah kursi santai di teras belakang atau di dekat jendela. Di sana Anda bisa bersantai sambil minum secangkir teh hangat. Anda juga bisa menambahkan sebuah perpustakaan mini di rumah anda jika memang Anda dan keluarga merupakan tipe orang yang suka membaca. Beberapa orang menganggap membaca mampu membuat perasaan menjadi lebih tenang. Pilihlah desain perpustakaan mini Anda sesuai dengan keinginan.

7. Tambahkan dekorasi pendukung

Rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh. Jika Anda menginginkan rumah yang nyaman, Anda bisa menambahkan pajangan-pajangan sesuai dengan selera Anda. Pajangan sebagai dekorasi tersebut bisa berupa vas bunga, patung, guci, jam, foto-foto, ataupun berbagai jenis kerajinan tangan. Anda juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan kreativitas Anda. Hal ini bisa menjadi alternatif lain jika Anda tidak menyukai lukisan atau akuarium.

Itulah beberapa tips desain rumah untuk mengatasi stres dan meningkatkan kenyamanan hunian Anda. Pilihlah desain tambahan sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *