5 Masalah yang Kerap Menyerang Rumah Anda Saat Musim Hujan Seperti Sekarang Ini

musim hujan

Hujan adalah cara alami yang akan membuat rumah bertambah sejuk dan segar. Disamping itu hujan juga menjadi berkah bagi banyak orang, namun hujan juga dapat memberi masalah tersendiri bagi rumah dan bangunan Anda. Anda perlu lebih waspada terhadap beberapa masalah yang kerap terjadi pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Berikut beberapa masalah yang dapat muncul pada saat musim hujan:

1. Dinding merembes atau lembab

Dinding yang lembab menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi selama musim penghujan. Air hujan yang mengenai dinding tentu akan membuat dinding basah. Air pun dapat merembes dalam dinding. Tingkat kelembaban yang tinggi pada dinding dapat menimbulkan noda pada bagian dalam rumah. Noda tersebut dapat hilang dengan sendirinya namun juga dapat menetap dan meninggalkan bekas. Keadaan ini tentu tidak kita inginkan terutama jika noda yang tertinggal memiliki diameter yang cukup besar. Dinding tentu tidak terlihat cantik dan Anda bisa terganggu karenanya. Anda akan perlu melakukan pengecatan ulang untuk menghilangkan noda di dinding.

2. Bocor

Bocor sangat wajar terjadi di musim hujan seperti sekarang ini. Kebocoran dapat disebabkan karena banyak hal seperti atap yang retak, posisi genteng bergeser dan lain sebagainya. Atap yang bocor tentu akan sangat menganggu. Bukan hanya membuat lantai menjadi basah namun juga dapat berbahaya. Lantai yang licin karena kebocoran dapat membuat penghuni rumah tergelincir. Anda bisa mencegah terjadinya kebocoran dengan rutin melakukan pengecekan. Paling tidak periksa keadaan atap selama tiga bulan sekali agar Anda bisa segera mengetahui jika atap mengalami kerusakan. Penyebab yangberbeda dari kebocoran juga akan membutuhkan penanganan yang berbeda.

3. Cat eksterior rusak

Cat eksterior rumah terancam resiko kerusakan. Hujan dapat membasahi dinding dan kemudian menghasilkan kerusakan yang tidak diinginkan. Cat retak, muncul gelembung dan cat mengelupas dapat terjadi pada cat eksterior karena terkena hujan. Saat musim hujan sekarang ini, Anda perlu memeriksa cat luar rumah secara rutin. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mencegah kerusakan bertambah parah. Sebenarnya cat mengelupas dapat terjadi karena tembok yang lembab atau proses pengerjaannya yang kurang baik, sehingga untuk mengatasi kerusakan ini Anda perlu mengidentifikasi penyebab dengan benar. Anda bisa mengecat kembali dinding dengan menghilangkan cat yang lama. Pastikan hingga cat terkelupas dan terlihat permukaan dinding. Lapisi kembali dengan cat dasar setelah dinding bersih.

Baca juga  Siasat Memiliki Rumah Bagi Anda yang Tinggal di Kota Besar

4. Banjir

Air hujan yang tertampung pada suatu tempat dapat menyebabkan banjir. Selokan menjadi salah satu tempat yang beresiko menampung air jika tersumbat. Tanpa Anda sadari kotoran dapat mudah menyumbat selokan rumah. Hal ini akan membuat air hujan tergenang dan kemudian mengalir ke rumah Anda. Hal ini tentu sangat tidak diharapkan karena dapat membuat rumah Anda ikut kebanjiran. Akibatnya banyak perabotan rumah yang dapat menjadi korban. Anda bisa mencegah hal ini terjadi dengan membersihkan selokan secara rutin. Daun dan sampah yang menyumbat selokan perlu dihilangkan agar tidak menimbulkan kerugian.

5. Timbul kerusakan di taman

Hujan memang memiliki dampak positif bagi taman Anda. Air hujan akan melembabkan tanah dan dibutuhkan tanaman, namun disisi lain ada masalah yang ditimbulkan karena hujan. Hujan yang terlalu deras bisa menimbulkan banjir yang merusak taman cantik Anda. Jika sistem penyerapan taman Anda kurang baik maka semakin lama banjir akan merusak tanaman-tanaman Anda. Hujan juga dapat memunculkan lebih banyak gulma, jamur dan ilalang. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan taman Anda. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan perawatan dan membersihkan taman secara rutin. Anda mungkin juga perlu mengoptimalkan sistem penyerapan air atau drainase.

Itulah masalah yang kerap muncul saat musim hujan. Memang hawa sejuk hujan membuat kita ingin bersantai di rumah, namun ternyata kita justru perlu waspada. Banyak masalah yang mengintai rumah kita pada musim hujan seperti ini. Melakukan perawatan rumah dan pemeriksaan secara rutin perlu Anda lakukan untuk mencegah terjadinya masalah atau kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *