Tips Mendesain Kamar Bermain Anak

kamar bermain anak

Kamar bermain anak dapat menjadi salah satu tempat untuk mengasah kemampuan anak. Anak dapat mempelajari banyak hal melalui bermain. Anak dapat menemukan jawaban dari rasa ingin tahunya melalui bermain. Membuat kamar tersendiri untuk anak bermain tentu menjadi ide yang bagus. Anda dapat membuat tempat bermain yang menyenangkan sekaligus aman bagi anak. Kamar bermain anak perlu dibuat unik dan kreatif agar anak-anak menyukainya. Tentu dengan banyak barang yang digunakan bermain oleh anak. Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam mendesain kamar bermain anak:

1. Isi furniture ramah anak

Berbeda dengan ruangan lain dalam rumah, ruang bermain anak perlu anda perhatikan. Ruangan ini harus menjadi ruang yang aman bagi anak, sehingga anda tidak akan merasa khawatir ketika anak bermain di ruangan ini. Anda bisa mengisi kamar bermain anak dengan furniture yang ramah anak. Anda bisa mencari furniture dengan bagian ujung tumpul. Furniture dengan bahan yng ringan seperti plastik juga sangat sesuai untuk digunakan dalam kamar anak. Hal ini akan membuat anak dapat memindahkan furniture tersebut dengan mudah. Hindari ukuran furniture yang terlalu besar. Anda bisa menyesuaikan ukuran furniture dengan badan anak. Banyak penyedia furniture yang menjual meja dan kursi berukuran kecil. Furniture berwarna cerah juga sangat sesuai untuk kamar ini. Pilih juga media bermain yang aman bagi anak serta sesuai dengan usia anak. Jika anak anda berusia di bawah 3 tahun sebaiknya jangan memberikan mainan berukuran kecil karena dapat tertelan. Pertimbangkan ukuran mainan, bahan serta cat yang digunakan.

2. Sediakan tempat penyimpanan

Kamar bermain anak mungkin lebih mudah berantakan dibandingkan ruangan lainnya. Usai anda merapikan kamar bermain dalam waktu singkat kamar tersebut dapat berantakan kembali. Dalam kamar bermain anak biasanya terdapat banyak mainan dan benda-benda. Anda akan memerlukan tempat penyimpanan untuk membuat kamar bermain anak tertata dengan rapi setelah digunakan. Anda sekaligus dapat mengajari anak untuk merapikan mainannya sendiri ke kotak penyimpanan. Kotak penyimpanan dapat diletakkan dibawah meja atau anda menyediakan rak tersendiri untuk menyimpan mainan anak. Anda bahkan bisa membagi kamar bermain menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk beraktivitas dan bermain dan bagian kedua untuk tempat penyimpanan.

Baca juga  Manfaat Memajang Tanaman Hias di Rumah

3. Gunakan alas lantai

Anda perlu memperhatikan setiap sudut dari ruang bermain anak. Penutup lantai atau alas tentu menjadi salah satu benda yang harusnya berada dalam kamar bermain anak. Penutup lantai digunakan agar anak tidak merasa dingin saat beraktivitas di lantai. Disamping itu, alas yang empuk akan meningkatkan kenyamanan anak saat beraktivitas. Karpet menjadi salah satu penutup lantai yang dapat anda pilih. Jika kamar anak telah anda lapisi dengan parquet, anda cukup meletakkan lantai di sudut yang dikehendaki. Karpet yang mudah dicuci dan dibersihkan dapat menjadi pilihan anda agar tidak banyak debu bersarang di kamar anak.

4. Tata ruang dengan tepat

Tata ruang dan layout perlu anda atur agar si kecil dapat merasa lebih nyaman. Atur posisi furniture agar ruangan tetap terasa longgar dan anak-anak dapat beraktivitas dengan maksimal. Anda juga bisa membuat desain sesuai dengan tema yang disukai anak seperti karakter kartun, alam dan lain sebagainya. Kamar bermain tentu harus membuat anak tertarik dan senang sehingga mereka mau beraktivitas di kamar tersebut. Merancang kamar bermain yang indah dan menyenangkan sekaligus akan mengenalkan anak pada nilai keindahan.

5. Beri papan tulis

Seringkali anak-anak suka mencorat-coret dinding rumah. Hal ini tentu akan merepotkan selain membuat ruangan kurang cantik, anda juga mendapat pekerjaan tambahan dengan membersihkan dinding. Jika anda sedang merancang kamar bermain anak maka anda bisa memasang papan tulis dalam ruangan ini. Anda bisa membeli papan tulis yang telah berada di pasaran dengan berbagai ukuran. Anda juga bisa melapisi salah satu dinding kamar bermain dengan cat khusus layaknya papan tulis. Ini menciptakan dinding yang lebih luas bagi anak. Disamping itu anda juga tidak perlu membereskan papan tulis yang dipindahkan dari tempatnya.

Baca juga  Sewa Rumah VS Tinggal Di Rumah Orang Tua

Itulah tips dalam mendesain kamar bermain anak yang patut untuk anda coba. Kamar bermain anak haruslah menjadi tempat yang menarik sekaligus aman bagi anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *