Menata Rumah Menurut Kaidah Fengshui

kaidah fengshui

Penataan rumah adalah salah satu kunci menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan fengshui. Apa yang dimaksud dengan fengshui? Fengshui adalah ilmu dari China kuno yang mempelajari mengenai harmonisasi kehidupan. Kali ini kita akan membahas mengenai penataan rumah menurut kaidah fengshui agar penghuni rumah semakin nyaman dan bahagia, serta rezeki mengalir semakin lancar. Seperti apakah penerapannya? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Posisi pintu

Menetapkan posisi pintu rumah bukan hanya mempertimbangkan sisi praktisnya. Memang betul bahwa fungsi adalah hal yang paling utama, tapi Anda juga perlu memperhatikan bagaimana pencahayaan yang dihasilkan dari posisi pintu rumah Anda. Aturan utama mengenai posisi pintu adalah jangan memasang pintu depan dan pintu belakang secara sejajar. Jika Anda melakukannya, energi yang masuk ke dalam rumah akan segera keluar melalui pintu lainnya. Penataan posisi pintu yang tidak sejajar akan membuat rumah mendapatkan cahaya secara menyeluruh.

2. Kondisi jendela

Rumah Anda memerlukan ventilasi yang cukup agar udara dan energi yang terbawa masuk ke dalam rumah dapat maksimal. Apa yang harus dilakukan? Pastikan seluruh jendela di rumah Anda berfungsi dengan baik. Jangan meletakkan benda-benda yang dapat menghalangi jendela seperti lemari atau rak yang tinggi. Anda bisa menambahkan pot-pot tanaman di luar jendela untuk memberikan kesan asri dan sejuk.

3. Letakkan perabotan dengan baik

Penerapan ilmu fengshui di rumah berkaitan erat dengan aliran energi. Ketika Anda mencoba mengatur posisi perabotan di dalam ruangan, pastikan untuk tidak menghalangi jalan. Jangan menempatkan perabot apapun di depan pintu. Usahakan agar keberadaan perabotan tersebut tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah. Anda juga perlu mempertimbangkan pencahayaan yang cukup di dalam ruangan tersebut.

Baca juga  Dapur Berantakan? Kini Tidak Lagi dengan Tips Berikut!

Perabotan yang tidak terpakai sebaiknya tidak diletakkan lagi di dalam rumah. Hal ini dapat memberikan kesan kurang rapi. Padahal faktor kerapian merupakan salah satu kunci rumah Anda mendapat energi positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Jadi, usahakan rumah tetap dalam keadaan rapi dan bersih.

4. Seimbangkan 5 elemen

Menyeimbangkan lima elemen yaitu api, air, tanah, kayu, dan logam merupakan hal yang penting dalam fengshui. Hal ini bisa diterapkan di semua ruangan di rumah Anda. Terdapat 3 ruangan kunci untuk mendapatkan fengshui yang bagus yaitu kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Sebisa mungkin wujudkanlah 5 elemen tadi di dalam ketiga ruangan ini. Pemasukan elemen tersebut tidak berarti harus secara fisik, tetapi bisa juga secara simbolik. Misalnya dengan melakukan padu padan warna.

5. Gunakan cermin

Dalam fengshui, cermin bukan saja berfungsi sebagai media untuk mematut diri. Cermin dapat membantu ruangan mendapatkan cahaya yang cukup jika Anda meletakkannya dengan benar. Sisi positif lainnya, adanya cermin dapat membantu Anda menghemat tagihan listrik. Selain itu cermin mampu memberikan kesan luas pada ruangan. Hal ini penting untuk mendapatkan kenyamanan ketika berada di ruangan tersebut.

6. Pentingnya memperhatikan simbol

Ilmu fengshui juga berkaitan dengan penerapan simbol-simbol. Coba perhatikan sekeliling ruangan rumah Anda. Apakah ada simbol-simbol negatif yang secara tidak sengaja terpajang? Bagaimana mengenali bahwa itu adalah simbol negatif? Coba Anda lihat dengan seksama dan kenali apa yang Anda rasakan. Jika benda-benda tersebut memperburuk pikiran atau emosi anda, sebaiknya Anda menyingkirkannya. Sebaliknya, isilah ruangan dengan simbol-simbol positif seperti lukisan alam atau foto keluarga yang menunjukkan kebahagiaan.

7. Penerapan warna

Menentukan warna perabotan di dalam rumah merupakan satu hal yang seru. Anda tentu akan memilih warna-warna yang Anda sukai. Namun Anda juga perlu tahu bahwa dalam fengshui terdapat aturan pemakaian warna untuk mendapatkan rumah yang menyenangkan. Warna putih atau biru termasuk ke dalam warna yin yang menenangkan. Anda bisa menggunakan warna ini untuk kamar tidur. Sedangkan warna yang adalah warna-warna yang penuh energi, salah satunya adalah warna kuning. Anda bisa menggunakannya di ruang makan atau ruang keluarga untuk menambah semangat.

Baca juga  Sewa Rumah VS Tinggal Di Rumah Orang Tua

Itulah kaidah fengshui yang dapat digunakan untuk acuan menata rumah, ruangan kamar maupun tempat kerja Anda. Pastikan bahwa penerapan fengshui tersebut memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *