Dagangan Lebih Laris dengan Tips Desain Lapak Kuliner Ini

desain lapak kuliner
Source: Тснена di Wikipedia

Mendirikan usaha sendiri merupakan sebuah tantangan hidup yang menarik. Jika Anda sudah memutuskan untuk memulai sebuah usaha bisnis, Anda tentu memerlukan persiapan yang matang. Salah satu usaha yang populer belakangan ini adalah bisnis kuliner dengan membuka restoran atau rumah makan. Hal itu karena ritme hidup yang semakin sibuk semakin menyulitkan orang untuk memasak sendiri sehingga makan di luar harus menjadi.

Setelah Anda memutuskan jenis kuliner yang Anda hendak jajakan, maka selanjutnya adalah menentukan desain tempat usaha. Desain tempat usaha merupakan salah satu faktor laris tidaknya bisnis kita nanti. Kali ini akan dibahas mengenai desain yang dapat membuat tempat usaha Anda menjadi laris manis. Langsung saja kita simak!

1. Tempat parkir

Apa yang mutlak diperlukan ketika membuka sebuah tempat usaha? Tentu saja lahan parkir. Hal ini tidak jadi masalah jika tempat usaha Anda adalah sebuah pusat perbelanjaan. Pasti sudah tersedia tempat parkir yang memadai. Namun jika tempat usaha Anda merupakan bangunan tersendiri, Anda wajib menyediakan tempat parkir untuk kendaraan pengunjung. Hal utama yang perlu diperhatikan ketika mendesain tempat parkir adalah keamanan dan kenyamanan. Tersedianya tempat parkir dengan kriteria tersebut akan membuat pengunjung merasa tenang dan nyaman. Secara psikologis, calon pembeli biasanya mempertimbangkan ketersediaan lahan parkir untuk mampir di suatu tempat.

2. Interior unik

Menentukan desain interior sebuah tempat usaha memerlukan beberapa pertimbangan yang serius. Jika interior yang dipilih asal-asalan, bagaimana bisa Anda menarik pengunjung? Sebaiknya lakukan konsultasi dengan profesional untuk mendapatkan desain interior yang Anda inginkan. Lakukan riset sederhana untuk melihat apa yang diharapkan oleh masyarakat sasaran terhadap sebuah jenis usaha seperti yang Anda lakoni. Tentu sebelumnya Anda sudah menentukan target sasaran usaha anda.

Baca juga  Inilah Tips Membuat Kamar Mandi Nyaman untuk Keluarga Anda

Sebuah tempat akan mudah diingat ketika desaiinya unik dan berbeda dari tempat lainnya. Anda dituntut untuk berpikir kreatif dalam menentukan hal ini. Sebuah konsep baru mungkin bisa Anda coba untuk mendapatkan desain yang unik dan belum pernah ada. Akan sangat menguntungkan jika Anda dapat memanjakan mata pengunjung dengan pemilihan interior yang sedap di mata.

3. Papan promosi

Adanya papan promosi yang menarik di tempat usaha Anda dapat membuat masyarakat memperhatikannya. Pemilihan posisi yang strategis dalam meletakkan papan promosi tentu perlu diperhitungkan matang-matang. Sebaiknya papan promosi tersebut jelas terlihat dari berbagai sudut. Anda juga bisa menggunakan bentuk yang menarik agak lebih mudah ditangkap oleh mata banyak orang. Bila perlu, Anda bisa membuat sebuah ikon promosi yang dapat dijadikan tempat berfoto dan eksis karena saat ini media sosial merupakan tempat beriklan yang efektif.

4. Pemilihan warna

Untuk pemilihan warna, Anda perlu memperhatikan pesaing usaha di sekitar Anda. Jika usaha yang terlihat laris menggunakan warna merah, Anda tidak perlu mengikutinya. Justru yang harus Anda lakukan adalah memilih warna yang berbeda dari yang lain. Misalnya saja Anda memilih warna kuning. Anda bisa padu-padankan warna pilihan Anda tersebut dengan warna-warna lain yang sesuai untuk menciptakan kesan unik dan berbeda. Ada baiknya juga Anda memperhatikan pemilihan warna sesuai dengan filosofinya.

5. Ruangan yang cukup luas

Sebuah tempat usaha, entah itu berjenis barang atau jasa memerlukan ruangan yang cukup luas. Hal ini dapat memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk masuk ke dalam. Hal ini juga untuk mengantisipasi jika sedang banyak pengunjung. Jangan sampai Anda membuat pengunjung mengantre dengan tidak nyaman. Jika tempat yang Anda miliki tidak terlalu luas, usahakan untuk mengatur posisi meja, kursi atau perabotan lainnya dengan baik agar terdapat cukup ruang. Sediakan jumlah kursi yang cukup untuk pengunjung. Bila perlu, Anda bisa menyiapkan kursi cadangan. Anda juga bisa memasang cermin untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Baca juga  Info Sewa Rumah Kontrakan Murah

6. Bangunan menghadap ke arah yang tepat

Posisi bangunan merupakan sebuah hal yang penting untuk dperhitungkan. Hal yang paling mudah adalah menyesuaikan arah menghadapnya bangunan dengan jalan. Namun jika Anda punya lahan yang luas, Anda bisa lebih bebas memilih letak pintu utama. Pastikan pengunjung tidak kesulitan untuk menemukan pintu tersebut. Intinya, buatlah sebuah tempat usaha yang ramah, terbuka, namun tetap aman dan nyaman.

7. Suhu ruangan terjaga

Pengaturan suhu bukan saja mengenai adanya pendingin ruangan. Jika memang ada pendingin ruangan sekalipun, Anda tetap perlu memperhitungkan suhunya agar tidak terlalu dingin bagi pengunjung. Anda bisa memperkirakan suhu yang tepat bagi pengunjung di ruangan tersebut.

Itulah beberapa ulasan mengenai desain tempat usaha yang akan membuat usaha Anda laris manis. Jangan ragu untuk mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *