Tikus Berkeliaran di Rumah. Inilah Cara Mengusirnya Jauh-jauh dari Rumah Anda!

tikus di rumah

Tikus memang menjadi salah satu binatang yang menjengkelkan jika mereka berkeliaran di dalam rumah. Binatang ini dapat merusak perabotan, pakaian, bahkan menjarah makanan kita. Belum lagi kotoran yang ditinggalkannya. Jika tikus sudah bersarang di dalam rumah, berarti Anda punya pekerjaan ekstra yang tidak menyenangkan. Tapi sebelum itu terjadi, Anda bisa mengusir tikus-tikus yang berkeliaran di rumah agar tidak sampai membuat sarang. Yuk intip cara-cara mengusir tikus berikut ini!

1. Pasang perangkap tikus

Perangkap tikus akan lebih praktis digunakan daripada racun tikus. Jika Anda menggunakan racun tikus, akan sulit jika tikus yang makan racun tersebut mati di tempat-tempat yang sulit ditemukan sehingga akan menimbulkan bau busuk. Apalagi bagi Anda yang mungkin tidak tega membunuh binatang. Pilihan menggunakan perangkap tikus akan menjadi solusi yang lebih baik. Terdapat berbagai jenis perangkap tikus yang dijual di pasaran. Ada yang berbentuk jerat ataupun lem. Pilihlah jenis perangkapnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Gunakan zat berbau menyengat

Beberapa jenis zat berbau menyengat sangat tidak disukai oleh tikus. Mereka akan menghindari bau-bau tersebut lalu menjauh. Anda bisa menggunakan kapur barus, zat ammonia, minyak citronella, dan minyak peppermint. Tempatkan zat-zat tersebut pada area di mana tikus pernah terlihat.

3. Bubuk lada

Aroma lada akan membuat tikus menjadi sulit bernapas. Jika tadi Anda bisa menggunakan zat-zat berbau menyengat hanya di tempat-tempat tertentu dan tidak bisa diletakkan di dekat makanan serta harus jauh dari jangkauan anak-anak, Anda bisa meletakkan lada di meja makan. Taburkan bubuk lada di atas tisu kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui tikus, termasuk di dekat meja makan dan tempat penyimpanan makanan.

Baca juga  Info Sewa Rumah Murah Di Jakarta Ada Di Sini

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki bau yang tidak disukai tikus. Anda hanya perlu membelah beberapa siung bawang putih kemudian meletakkannya di tempat-tempat tikus sering terlihat. Gantilah bawang putih tersebut 2 hari sekali sampai tikus tidak datang lagi.

5. Tanaman pengusir tikus

Beberapa jenis tanaman dapat menyebabkan tikus tidak mau mendekat. Tanaman-tanaman pengusir tikus tersebut di antaranya daun mint, kemangi, pohon sirsak, dan mengkudu. Anda bisa menanam jenis tanaman tersebut di halaman rumah Anda agar tikus-tikus yang mungkin akan bersarang tidak jadi mendekat. Anda juga bisa meletakkan daun-daun yang telah dipetik di tempat-tempat tikus sering terlihat.

6. Tutup lubang-lubang kecil

Tikus adalah binatang yang dapat melalui celah kecil meski Anda berpikir bahwa lubang sekecil itu tidak akan muat. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, sebaiknya Anda menutup lubang-lubang kecil di rumah Anda secara kuat. Jika lubang tersebut memang sengaja dibuat, Anda bisa melapisinya dengan jeruji atau kawat agar tidak bisa dilalui oleh tikus.

7. Memelihara kucing

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang ditakuti oleh tikus. Jika Anda termasuk orang yang suka memelihara hewan, kucing bisa menjadi pilihan untuk Anda. Selain menyenangkan juga dapat membantu Anda menjaga rumah bebas dari tikus.

8. Pangkas rumput di halaman

Rumput yang tidak rutin dipangkas akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi tikus untuk bersembunyi. Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa tikus-tikus yang berkeliaran di rumah Anda berasal dari halaman rumah. Cobalah periksa sudut-sudut halaman yang memungkinkan tikus untuk bersembunyi dan membuat sarang.

9. Jagalah kerapian rumah

Rumah yang berantakan akan membuat tikus mudah bersembunyi. Jika Anda ingin mengusir tikus jauh-jauh dari rumah Anda, sebaiknya mulailah untuk merapikan barang-barang di rumah Anda sehingga tikus kesulitan untuk bersembunyi. Tentu Anda juga perlu menjaga kebersihan karena tikus cenderung menyukai tempat yang kotor. Membuang sampah setiap hari juga akan menghindarkan rumah Anda dari serangan tikus.

Baca juga  Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah

10. Jangan membiarkan makanan dalam keadaan terbuka

Makanan yang dibiarkan terbuka tanpa penutup akan mengundang tikus untuk mendekat. Jangan terbiasa untuk menyisakan makanan dan meninggalkannya begitu saja. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab tikus berkeliaran di rumah Anda. Mereka akan merasa senang karena bisa mendapatkan makanan dengan mudah. Hal yang lebih mengkhawatirkan, tikus adalah hewan pembawa beberapa bibit penyakit berbahaya. Jadi Anda harus bersikap waspada.

Nah, itulah 10 tips untuk mengatasi tikus yang berkeliaran di rumah Anda. Jika Anda menerapkan tips-tips di atas, maka tikus akan pergi jauh-jauh dari rumah Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *