Dapur Berantakan? Kini Tidak Lagi dengan Tips Berikut!

dapur berantakan

Aktivitas memasak yang dilakukan setiap hari dapat menghasilkan dapur yang berantakan ketika Anda tidak sempat untuk merapikannya kembali setelah selesai. Terkadang memasak memang melelahkan, sehingga membuat Anda kehabisan tenaga untuk membereskan dapur kembali. Apalagi jika hal itu dilakukan sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga. Padahal dapur yang rapi bisa menjadi satu kepuasan tersendiri dan dapat menghindarkan kita dari stres. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Hal-hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk mencegah dapur menjadi berantakan.

1. Atur ulang letak peralatan dapur

Jika dapur berantakan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meluangkan waktu yang cukup untuk merapikannya kembali. Pilihlah waktu di mana keluarga tidak sedang sibuk seperti pada akhir pekan atau hari libur. Ajaklah anggota keluarga Anda untuk membantu merapikan dapur bersama-sama. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih ringan. Letakkan peralatan memasak tepat pada tempatnya. Jika Anda sekeluarga menerapkan kegiatan ini secara rutin, dapur yang rapi bukanlah sebuah hal yang sulit didapatkan.

2. Gunakan peralatan dapur yang cantik

Saat ini pasar dibanjiri oleh produk-produk peralatan dapur dengan berbagai merk dan rentang harga. Pilihlah peralatan dapur sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. Akan lebih menarik jika Anda membelinya sesuai dengan sebuah tema pilihan Anda. Misalnya, Anda membeli peralatan dapur dengan warna yang seragam atau motif yang menarik. Hal tersebut akan membuat Anda sayang untuk membiarkan peralatan cantik berantakan di dapur.

3. Gunakan label

Terkadang, bukan hanya Anda sendiri yang menggunakan dapur. Anggota keluarga lain yang juga ikut menggunakan dapur pada saat-saat tertentu mungkin tidak hafal harus meletakkan peralatan dapur kembali ke tempatnya setelah selesai digunakan. Ini bisa menjadi salah satu alasan dapur menjadi berantakan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan label atau secarik kertas bertuliskan nama peralatan dapur Anda di tempat mereka seharusnya diletakkan. Gunakanlah warna-warna yang dapat menarik perhatian orang untuk membacanya.

Baca juga  Sewa Rumah Kontrakan Murah Di Indonesia

4. Terapkan aturan yang sama bagi setiap orang

Mungkin selama ini sudah ada aturan tidak tertulis yang mengharuskan setiap orang menjaga kerapian rumah, termasuk dapur. Namun sadar atau tidak peraturan tersebut sering dilanggar. Jika permasalahan dapur berantakan sudah sangat mengganggu kenyamanan, sebaiknya Anda mengumpulkan seluruh penghuni rumah dan mendiskusikan aturan yang disepakati bersama. Misalnya saja setiap orang yang selesai makan harus mencuci tempat makannya masing-masing.

5. Jangan menunda membersihkan peralatan dapur

Semakin Anda menunda membersikan peralatan dapur, pekerjaan Anda akan semakin menumpuk. Jika sudah begitu, kegiatan merapikan dapur yang semula cukup ringan akan menjadi berat. Bisa jadi Anda kemudian semakin malas melakukannya. Kunci untuk menjaga dapur tetap rapi adalah dengan membersihkan peralatan dapur setelah selesai digunakan, termasuk juga mencuci piring dan gelas setelah makan. Bayangkan saja Anda sekeluarga makan 3 kali sehari dan baru dibersihkan keesokan harinya. Tentu hal ini menjadi begitu melelahkan.

6. Buat jadwal piket untuk meringankan beban Anda

Jika sebelumnya Anda disarankan untuk membuat peraturan yang disepakati bersama, tidak ada salahnya juga untuk membuat jadwal piket. Dengan adanya jadwal piket, setiap anggota keluarga mendapat giliran yang sama untuk membantu merapikan dapur. Dengan begitu, masing-masing penghuni rumah akan menyadari seperti apa pekerjaan yang Anda lakukan di dapur sehingga mereka bisa lebih menghargai kerapian dan juga membantu membuat dapur tetap rapi meski setiap hari digunakan.

7. Rancanglah dapur sesuai dengan keinginan Anda

Bagi seseorang yang suka memasak, dapur akan menjadi tempat berkreasi yang menyenangkan. Anda akan menghabiskan banyak waktu di dapur. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki desain dapur yang sesuai dengan selera Anda. Jika dapur sudah terlanjur monoton dan tidak menyenangkan, Anda bisa melakukan renovasi untuk membuat perubahan sesuai keinginan. Pastikan untuk menyesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan dan anggaran yang tersedia.

Baca juga  Sewa Rumah VS Tinggal Di Rumah Orang Tua

Kondisi dapur yang rapi memang sangat menentukan suasana hati ketika menyiapkan hidangan untuk keluarga tercinta. Kini Anda sudah mengetahui berbagai tips dan trik yang bisa Anda terapkan agar dapur tidak lagi berantakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *