Jangan Sampai Kuman Bersarang di Rumah Anda. Perhatikan Tempat-tempat ini

sarang kuman

Kuman adalah makhluk yang kasat mata sehingga keberadaannya serikat kita tidak sadari. Keberadaannya di rumah kita dapat menyebabkan infeksi dan membawa penyakit bagi para penghuni rumah. Berbagai jenis kuman dan bakteri hidup di sekitar kita, Penyebabnya adalah tempat yang tidak terjaga kebersihannya. Kuman-kuman ini akan bersarang di sana.

Anda pernah mendapati tiba-tiba anak Anda diare meski Anda yakin itu bukan karena makanan? Mungkin penyebabnya adalah kuman dan bakteri yang menyerangnya di dalam rumah. Faktanya, beberapa sudut rumah merupakan tempat bersarangnya kuman meski Anda tidak selalu menyadarinya. Untuk berjaga-jaga, Anda perlu memeriksa beberapa sudut rumah berikut ini.

1. Dapur

Tidak heran lagi bahwa dapur adalah tempat bersarangnya kuman. Hal ini ironis karena makanan lezat yang kita santap sekeluarga berasal dari sana. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dapur merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Lalu bagian dapur mana saja yang diyakini sebagai tempat bersarangnya kuman?

2. Tempat cuci piring

Piring, gelas, serta peralatan masak dibersihkan di tempat ini. Namun terkadang kita lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat cuci piring itu sendiri. Coba periksa spons dan tempat sabunnya, apakah Anda yakin alat-alat itu bebas dari kuman? Perlu diingat bahwa Anda perlu membersihkanlah secara rutin setidaknya seminggu sekali dengan cairan pembersih yang dapat membunuh kuman. Cara alami membunuh kuman di spons cuci piring adalah dengan menyiramnya dengan air mendidih.

3. Lemari penyimpanan bahan makanan

Remah-remah dari sisa makanan yang mungkin tercecer bisa membusuk dan mengendap. Hal ini akan menyebabkan kuman berdatangan. Tidak hanya kuman, tapi mungkin juga akan mengundang semut, kecoa, dan tikus.

4. Peralatan dapur

Rutinkah Anda membersihkan peralatan memasak setiap selesai digunakan? Jika tidak, Anda perlu waspada karena sisa-sisa bahan makanan yang tertinggal di sana dapat mengundang banyak kuman. Talenan, pisau, kompor, panci, dan penggorengan adalah tempat yang rentan bagi bersarangnya kuman jika tidak dibersihkan dengan benar.

5. Toilet

Sudut-sudut bak mandi dan kloset yang sulit dijangkau cenderung luput dari perhatian Anda ketika membersihkannya. Di tempat-tempat inilah kuman dan bakteri bersarang. Tidak hanya itu saja, wastafel dan sikat gigi adalah benda yang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman. Hal yang harus selalu Anda ingat adalah kuman dapat berpindah tempat sehingga Anda harus membersihkan setiap sudut dengan teliti sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.

6. Lantai rumah

Terkadang Anda dan keluarga mungkin tidak menyadari kuman dan bakteri yang terbawa oleh kaki ketika kita dari luar rumah. Saat Anda berjalan di atas lantai, kuman yang terbawa akhirnya menyebar di mana-mana. Padahal mungkin Anda dan keluarga sering beraktivitas di atas lantai. Entah itu anak sedang bermain atau hanya sekadar duduk. Penting untuk menggunakan cairan pembersih lantai agar kuman mati dan keluarga terhindar dari penyakit.

7. Meja Makan

Meja makan menjadi tempat diletakkannya makanan untuk kemudian Anda bisa menyantapnya dengan nikmat. Namun terkadang Anda tidak menyadari sisa-sisa makanan tertinggal dan luput dari perhatian ketika membersihkannya. Jika dibiarkan, tempat tersebut akan menjadi sarang kuman. Jika Anda menggunakan taplak meja, jangan lupa untuk menggantinya paling tidak 2 minggu sekali agar kuman tidak bersarang di sana.

8. Tempat sampah

Tempat sampah itu sendiri adalah bagian rumah yang harus selalu diperhatikan keadaannya. Jika sampah telah menumpuk dan tidak segera dibuang, kuman-kuman akan bersarang di sana. Sebaiknya lapisi tempat sampah dengan kantong plastik untuk menampung sampah basah agar tidak mengenai wadah itu sendiri sehingga lebih sulit untuk dibersihkan. Buanglah sampah setiap hari untuk menghindari pembusukan yang akan membuat kuman dan bakteri penyebab bau berkembang biak dengan leluasa.

9. Rak Sepatu

Kapankah terakhir kali Anda membersihkan tempat tersebut? Alas kaki dapat menjadi salah satu benda yang membawa banyak kuman ke dalam rumah Anda. Kuman-kuman yang terbawa akan bersarang di rak sepatu yang tidak dibersihkan secara rutin. Keadaan rak sepatu yang berantakan juga akan menambah kesempatan bagi kuman dan bakteri untuk menyebar.

Pada dasarnya, kuman menyukai tempat-tempat yang kotor dan tidak rutin dibersihkan. Mereka dapat bersarang dan berkembangbiak dengan cepat di tempat-tempat gelap dan kotor. Untuk menghindarinya, sebaiknya perhatikan dengan lebih teliti ketika membersihkan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *