Dapur Terasa Panas. Inilah Langkah yang Harus Anda Lakukan

dapur

Dapur yang nyaman bisa didapatkan dengan menjaga kerapian dan kebersihannya. Disamping itu suhu yang tetap terjaga dan sejuk menjadi faktor penting agar proses pengolahan makanan tidak terganggu. Dapur menjadi suatu tempat yang pasti akan menghasilkan panas. Anda akan membutuhkan udara yang sejuk untuk bisa menggunakan dapur dengan nyaman. Sementara Anda memiliki mobilitas yang tinggi, suhu di dapur semakin terasa panas dan tak tertahankan. Anda ternyata bisa melakukan beberapa langkah untuk mengakal rasa panas di dapur. Coba simak informasi berikut!

1. Pastikan adanya jendela

Jendela menjadi hal yang paling utama ada di dapur. Anda perlu memastikan bahwa dapur memiliki jendela untuk menjaga sirkulasi udara. Sirkulasi yang terlalu minimal akan mengubah dapur menjadi tempat yang panas serta pengap. Dapur seharusnya memiliki jendela untuk menjaga sirkulasi udara yang baik. Dapur seharusnya berada di pinggir rumah dan bukan di tengah-tengah rumah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bisa membuat sirkulasi udara yang lebih baik.

2. Pastikan adanya ventilasi udara

Jika dapur tidak memiliki jendela, setidaknya pastikan ada ventilasi udara yang cukup. Ruangan yang pengap bukan hanya menghambat aktivitas di dapur namun juga bisa berpengaruh pada kesehatan anda. Udara yang panas dari dapur seharusnya mengalir ke tempat lain. Udara tersebut seharusnya juga tidak mengalir ke ruangan di sekitar dapur namun keluar ruangan. Bukan hanya udara panas, ventilasi yang terlalu kecil juga akan menghambat asap yang akan keluar dari dapur, akibatnya asap berpindah ke ruangan lain dalam rumah dan mengganggu aktivitas anggota keluarga.

3. Manfaatkan lapisan spon

Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian atap dapur menggunakan seng. Anda bisa memberi lapisan di bawah atap seng dengan menggunakan spon. Lapisan spon ini akan mengurangi udara panas yang terkumpul di dapur. Disamping itu dapur tidak akan bertambah panas karena panas dari luar ruangan.

Baca juga  Sewa Rumah VS Tinggal Di Rumah Mertua

4. Gunakan jack roof

Anda bisa mengurangi panas di dapur dengan memasang plafon dengan lebih tinggi. Model atap bertingkat atau jack roof bisa menjadi salah satu pilihan untuk digunakan. Hal ini akan menjaga sirkulasi udara tetap baik sehingga mengurangi panas yang muncul di dapur. Anda bisa membuat lubang antar atap untuk menjadi sebuah bukaan. Hal ini akan mengurangi udara panas yang ditimbulkan dari kegiatan dapur sehingga anda akan semakin nyaman berada di dapur dalam waktu lama sekalipun.

5. Pasang cookerhood

Anda bisa memasang cookerhood jika tidak memungkinkan untuk memasang bukaan di dapur. Cookerhood juga sering disebut sebagai penyedot asap dapur. Bau, asap, panas serta berbagai kotoran yang ada di udara bisa dialirkan keluar dapur. Udara yang tidak sehat tersebut selanjutnya akan proses hingga bersih kembali dan disalurkan lagi ke dapur. Ada berbagai variasi model dari cookerhood namun seluruh model tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu menjaga udara tetap sehat dan bersih. Ini juga akan mengurangi panas yang muncul di dapur Anda.

6. Gunakan peralatan dengan sedikit panas

Jika Anda tidak bisa melakukan pengubahan desain dapur atau melakukan pemasangan alat yang mahal seperti di atas, Anda bisa memanfaatkan langkah yang murah untuk mengatasi udara panas. Kompor induksi bisa Anda gunakan dalam memasak karena kompor ini menghasilkan panas yang lebih kecil dibandingkan dengan panas kompor biasa. Oven juga dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi dari peralatan masak lainnya. Anda bisa meminimalkan penggunaan oven yang tidak perlu untuk menghindari udara panas.

7. Gunakan exhaust fan

Salah satu langkah lagi yang bisa mengurangi panas di dapur Anda adalah memanfaatkan exhaust fan. Anda bisa menggunakan exhaust fan untuk mengirim udara panas keluar dari dapur melalu jendela. Exhaust fan akan membantu mengatur aliran udara, sehingga udara yang panas bisa mengalir keluar dapur dengan lebih mudah. Anda juga bisa terhindar dari panas dan lebih nyaman untuk memasak di dapur.

Baca juga  Jangan Sampai Kuman Bersarang di Rumah Anda. Perhatikan Tempat-tempat ini

Itulah langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi dapur yang terasa panas. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *