Ide Menarik Mendekor Ruangan dengan Buku

mendekor ruangan dengan buku
Kredit: Maegan T

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik hunian. Tidak hanya bagian luar, tetapi juga di bagian dalam ruangan. Ingin mengaplikasikan dekorasi yang unik? Anda bisa menggunakan buku-buku untuk menambah kesan estetis pada sebuah ruang di rumah Anda.

Jika Anda adalah seorang pembaca buku dan begitu menyukai buku, pasti di rumah Anda memiliki koleksi buku-buku dalam jumlah yang banyak. Bahkan Anda bisa memiliki perpustakaan pribadi. Nah, buku-buku ini tidak hanya bisa disimpan di rak buku. Anda bisa menambah fungsi untuk mendekor ruangan. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1. Sekat ruangan

Ini merupakan salah satu ide yang paling umum. Anda bisa menyekat ruangan yang diinginkan dengan buku-buku. Tempatkan buku-buku pada rak dengan 2 sisi yang terbuka sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan sekat ruangan untuk dia ruangan yang bersebelahan. Anda bisa mengatur apakah menutup semua sekat atau memberikan ruang kosong yang tidak diisi dengan buku pada salah satu sisi. Anda bisa menggunakan sekat buku ini hingga ke bagian atas ruangan.

2. Hiasan dinding

Judul buku favorit dapat menjadi hiasan dinding yang bagus. Tentu seorang pembaca buku akan merasa bangga jika bisa memiliki buku favorit di rumahnya. Nah, Anda bisa memperlihatkan minat dan kegemaran Anda tersebut pada siapa saja yang berkunjung. Hal ini juga dapat menambah kepuasan tersendiri loh.

3. Meja

Ya, buku yang sudah tidak terpakai bisa dijadikan sebagai meja sederhana. Pilihlah buku yang pas ukurannya untuk ditumpuk sehingga akan selalu stabil jika digunakan untuk meletakkan sesuatu. Membuat sebuah meja lampu di kamar tidur dengan buku yang tidak terpakai dapat dicoba sebagai ide yang murah namun tidak biasa. Sampul buku yang berwarna-warni dapat menambah kesan menyenangkan di kamar tidur Anda.

Baca juga  Pajangan untuk Dekorasi Rumah yang Bisa Anda Buat Sendiri

4. Inisial nama

Ide berikutnya adalah menggunakan buku untuk membuat inisial nama. Anda terlebih dahulu bisa membuat kerangka huruf yang Anda inginkan. Kerangka dapat dibuat dari kayu atau besi sesuai selera. Jika kerangka sudah jadi, tempelkan atau letakkan pada sisi dinding yang kosong. Setelah itu Anda bisa memajang buku-buku pada kerangka tersebut sehingga didapat inisial nama atau hiruf yang artistik. Anda juga bisa menggantinya dengan angka favorit.

5. Wallpaper

Ide ini mungkin akan dipandang kurang tepat bagi sebagian orang. Terutama mereka yang menyayangi buku-buku. Namun Anda tetap bisa mengaplikasikannya dengan cara membeli buku bekas yang memang tidak untuk dibaca.

Pisahkan setiap halaman buku yang akan digunakan untuk wallpaper. Setelah itu, Anda bisa menutup dinding dengan menempelkan satu per satu halaman-halaman buku tersebut. Tempelkan dengan teknik sesuai selera.

Satu hal yang harus Anda pertimbangkan. Karena bahannya berasal dari kertas, Anda harus pastikan bahwa dinding atau suhu ruangan tidak terlalu lembab. Hal ini dapat merusak halaman-halaman buku tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan bahan pelapis yang dapat melindunginya.

6. Media lukis

Anda suka melukis? Berbagai benda dapat dijadikan sebagai media melukis. Salah satunya adalah halaman buku bekas. Tempelkan halaman-halaman buku bekas pada papan kayu. Setelah itu Anda tinggal melukis di atasnya. Selain lukisan, simbol atau karakter tertentu juga dapat menjadi pilihan. Pilihlah warna yang mencolok agar bentuk lukisan terlihat jelas. Anda bisa menggunakan hanya satu warna ataupun lebih dari satu. Lukisan dengan media halaman buku bekas lebih baik tidak menggunakan bingkai.

7. Pintu geser

Pasti Anda pernah melihat desain pintu ini di film-film. Pintu geser yang berupa rak yang diisi dengan buku-buku bisa menjadi pilihan unik bagi Anda. Pintu ini dapat menyembunyikan ruangan di belakangnya, sehingga terlihat bahwa tidak ada ruangan lagi. Ruangan tersembunyi seperti ini umumnya cocok untuk dipakai sebagai ruang kerja pribadi. Anda bisa bebas bekerja tanpa ada yang mengganggu.

Baca juga  7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Desain Interior

Nah, itulah 7 ide mendekor ruangan dengan buku yang bisa Anda coba. Sebelum Anda mengaplikasikannya, pastikan bahwa ruangan di dalam rumah memang aman untuk diisi dengan buku. Pertimbangkan juga letaknya yang aman dari jangkauan anak-anak jika ada anak kecil di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *