Ide Kreatif Cara Memajang Lukisan

memajang lukisan
Sumber: David Miller

Banyak hal dapat dilakukan untuk menambah keindahan hunian. Sentuhan seni di dalam rumah dapat membuat keunikan tersendiri. Anda pun bisa mempercantik rumah dengan berbagai jenis karya seni. Salah satunya adalah lukisan. Dengan memajang lukisan, Anda juga telah mengapresiasi seniman yang melukisnya.

Sebelum memajang lukisan favorit Anda, sebaiknya pahami dulu beberapa ide kreatif ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi tak terduga bagi Anda. Jangan ragu untuk mempraktikkannya agar tampilan rumah idaman bisa menjadi kenyataan.

1. Lukisan tanpa pigura

Mungkin sebuah pigura pada lukisan dapat memberikan kesan elegan. Namun Anda tidak selalu harus menggunakan pigura untuk memajang lukisan. Lukisan tanpa pigura pun bisa menjadi sangat unik. Tergantung bagaimana Anda memajangnya.

Pilihlah lukisan dengan bahan yang awet dan telah dilapisi bahan khusus agar tidak mudah rusak. Anda bisa memanfaatkan bambu yang diserut atau kayu berdiameter 1-2 cm untuk merentangkan lukisan.

2. Manfaatkan kain perca

Kain perca atau bekas pakaian yang sudah tidak dipakai, bisa dimanfaatkan untuk menggantung lukisan. Anda bisa menggunting dan menganyam kain tersebut menjadi seperti seutas tali yang kuat. Sebuah lukisan pasti terlihat tidak monoton dengan gantungan tali tersebut.

Jangan ragu untuk berkreasi dengan barang-barang yang tidak terpakai. Kain perca juga bisa dijadikan bahan untuk membuat pigura. Anda tinggal menyiapkan dasar pigura lalu melilitnya dengan kain-kain perca sesuai dengan kreativitas sendiri.

3. Manfaatkan gantungan pakaian

Memajang lukisan dengan gantungan pakaian mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda. Namun ternyata hasilnya tidaklah buruk. Satukan bagian atas lukisan dengan bagian bawah gantungan pakaian kuat-kuat. Tanamkan paku di tembok. Kemudian letakkan lukisan Anda di sana.

Baca juga  Tips Mendesain Kamar Bermain Anak

4. Lukisan tidak selalu menempel di dinding

Ya, memang. Anda bisa meletakkan lukisan di atas rak, ataupun menyadarkannya di antara lantai dan dinding. Hal ini memungkinkan jika tidak ada anak kecil di rumah. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan saat memutuskan untuk meletakkan lukisan selain di dinding.

Anda juga bisa membuat rak yang berbentuk seperti anak tangga untuk memajang beberapa lukisan. Sesuaikan lebar rak dengan lukisan yang akan dipajang. Untuk lebih aman, gunakan perekat agar lukisan tidak terjatuh dan rusak.

5. Kolase

Anda bisa memenuhi salah satu sisi dinding dengan banyak lukisan. Cara ini akan membuat rumah Anda terkesan seperti sebuah galeri seni. Pastikan bahwa lukisan-lukisan tersebut memang bagus jika dipajang berdekatan. Mungkin Anda bisa memilih tema, perpaduan warna, atau teknik yang sama untuk mempraktikkannya.

Jika rumah Anda memiliki dinding yang luas, pilihan ini bisa menjadi salah satu yang paling tepat. Namun jangan lakukan jika dinding rumah luasnya terbatas. Karena lukisan yang dipajang secara kolase akan menambah kesan lebih penuh dan tidak leluasa.

6. Padukan dengan kata-kata

Lukisan dapat dipadukan dengan karya seni lain. Misalnya saja kata-kata mutiara yang dicetak pada kanvas. Serasikan tampilan lukisan dengan kata-kata yang sesuai. Anda bisa memajang kedua benda tersebut secara sejajar atau pun tidak sejajar.

7. Lukisan di langit-langit dan anak tangga

Jika Anda ingin melukis sendiri, langit-langit mungkin merupakan bagian ruangan yang jarang Anda perhatikan. Nah, Anda bisa menambahkan lukisan pada langit-langit ruangan. Lukisan yang dilukis pada langit-langit dapat memberikan kesan mewah sekaligus luas pada ruangan tersebut.

Selain langit-langit, anak tangga juga dapat menjadi tempat menarik untuk memperlihatkan karya seni Anda sendiri. Lukisan di anak tangga mulai digemari sejak beberapa tahun lalu. Tapi mungkin belum banyak diaplikasikan di rumah. Nah, Anda bisa mencobanya.

Baca juga  Inspirasi Tangga Rumah Unik

Jika Anda tidak mempunyai minat melukis sendiri, Anda tetap bisa memiliki lukisan di dua tempat tersebut dengan membayar jasa seniman untuk melukis langsung di rumah Anda.

Itulah beberapa ide memajang lukisan yang tidak monoton. Ternyata ada banyak cara untuk membuat hunian menjadi lebih indah dengan lukisan. Sebelum Anda memutuskan untuk memajang sebuah lukisan, pastikan untuk melakukan pengukuran. Pertimbangan akan lokasi dan jenis lukisan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai tampilan rumah justru menjadi kurang menarik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *