Manfaat Memajang Tanaman Hias di Rumah

tanaman hias
Sumber: loulou.to

Mewujudkan sebuah hunian idaman menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Faktor keamanan, keindahan, dan kenyamanan merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan. Sejak dulu hingga sekarang, tanaman hias menjadi unsur penting dalam menghias ruangan. Tanpa tanaman, rumah menjadi terlihat gersang.
Tanaman dipilih menjadi penghias rumah karena beberapa alasan. Salah satunya adalah harganya yang bervariasi tapi cenderung terjangkau. Namun tanaman dapat memberi banyak manfaat.

Pernahkan Anda berpikir untuk menambahkan tanaman hias di rumah? Sebelum memutuskannya, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari memajang tanaman hias di rumah Anda. Apa saja manfaat yang dapat dinikmati? Berikut ulasannya untuk Anda!

1. Menambah kesan asri

Tentu saja kesan utama yang dihadirkan ketika terdapat tanaman di rumah adalah keasrian. Hunian yang bernuansa hijaunya tumbuhan dapat memberikan suasana alam yang menyejukkan. Tidak perlu terlalu banyak tanaman yang diletakkan di rumah. Cukup beberapa saja sehingga tidak berlebihan.

Tanaman hias akan memanjakan mata para penghuni rumah ataupun tamu yang datang. Hal ini dapat membantu menciptakan suasana kekeluargaan. Tanaman yang disusun dengan sedemikian rupa pasti akan menarik perhatian mata kita untuk memandangnya.

2. Memperbaiki kualitas udara

Tanaman hijau tumbuh dengan memproses zat karbon dioksida menjadi oksigen. Oleh karena itu, udara di dalam rumah akan menjadi lebih baik. Bagi Anda atau jika ada keluarga yang merokok, tanaman jenis sansevieria dapat membantu membersihkan polusi yang berasal dari asap rokok.

Jenis tanaman sansevieria baik dipilih untuk diletakkan di dalam rumah karena perawatannya yang mudah. Mereka tetap dapat tumbuh dengan baik meski berada pada tempat yang kurang cahaya matahari dan air. Bentuk dan corak sansevieria yang unik juga banyak digemari.

Baca juga  Info Sewa Rumah Kontrakan Lengkap Ada Di Sini

3. Mengurangi stres

Stres dan tekanan dalam hidup dapat dialami kapan saja. Terkadang rumah menjadi tempat untuk menumpahkan segala emosi. Merawat tanaman dapat menjadi media untuk mengurangi stres Anda. Hal ini disebut dengan holticulture therapy.

Berinteraksi dan berdekatan dengan dedaunan membuat Anda dapat melepaskan segala emosi dan memperbaiki mood. Anda sekeluarga juga dapat belajar untuk memberikan perhatian dan empati dari merawat tanaman-tanaman tersebut.

4. Mengatasi virus dan bakteri

Tanaman dapat menjadi media detoksifikasi. Beberapa jenis tanaman mampu menyerap racun dan radikal bebas yang ada di udara. Hal ini juga berlaku untuk tanaman di dalam rumah. Dengan adanya tanaman, Anda sekeluarga akan merasa lebih sehat.

Tanaman mampu memberikan kelembaban yang pas pada ruangan. Hal ini karena uap air yang dihasilkannya. Tanaman dapat mengurangi mikroba dan debu di udara sebesar 20%.

5. Mengatasi gangguan tidur

Insomnia menjadi salah satu hal yang menjengkelkan apabila terus berlanjut. Namun Anda dapat mengatasinya dengan adanya tanaman di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman seperti melati dan lavender dapat memberikan aroma terapi yang menenangkan.

Sebenarnya, insomnia dapat terjadi karena stres. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, tanaman dapat meredakan stres. Anda akan sangat terbantu dengan adanya tanaman di dalam rumah.

6. Menyegarkan pikiran

Jika Anda adalah seorang yang selalu dituntut untuk kreatif, menambah tanaman hias di dalam ruangan adala pilihan yang tepat. Keberadaan tanaman akan membuat pikiran menjadi lebih segar sehingga ide-ide baru dapat bermunculan.

Pernahkan Anda mendapati tanaman di dalam kantor-kantor? Sebenarnya, tanaman itu memiliki fungsi lain selain untuk menambah keindahan. Fungsi tersebut salah satunya adalah untuk menyegarkan pikiran agar pekerja tidak mudah stres.

Baca juga  Info Sewa Rumah Murah Di Jakarta Ada Di Sini

7. Membantu lebih fokus

Terdapat sebuah hasil studi yang menunjukkan bahwa siswa yang belajar di ruang kelas berhias tanaman memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Mereka menjadi senang belajar dan memperhatikan pelajaran. Hal tersebut juga secara tidak langsung membantu meningkatkan prestasi siswa. Nah, tidak ada salahnya juga untuk menaruh tanaman di ruang belajar.

Itulah 7 manfaat memajang tanaman hias di dalam rumah. Selain indah, ternyata tanaman juga mampu memberikan banyak manfaat yang sangat baik bagi hidup kita. Jika Anda memang tertarik untuk menambahkan tanaman di dalam rumah, pastikan untuk mencari referensi jenis tanaman yang cocok. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *