Tips Mengatur Ruangan di Rumah untuk Pesta

mengatur ruangan pesta
Sumber: Channel4.com

Pesta tidak hanya bisa dilakukan di gedung. Anda juga bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri untuk menggelar sebuah pesta yang seru. Entah itu pesta ulang tahun, pesta tahun baru, atau bahkan pesta pernikahan. Tentu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengadakan pesta di rumah. Apa saja hal-hal tersebut? Simaklah ulasan berikut ini untuk mendapatkan suasana pesta yang Anda inginkan.

1. Rencanakan dengan matang

Setiap acara perlu untuk direncanakan dengan baik. Kapan waktunya, di mana tempatnya, berapa tamu yang datang, dan seperti apa konsep acaranya. Dengan adanya rencana, Anda dapat mengatur tempat pesta yang tepat. Jika Anda kesulitan mengaturnya sendiri, Anda bisa mengajak anggota keluarga atau teman untuk merencanakan bersama-sama.

Memilih ruangan adalah langkah selanjutnya setelah rencana tersusun dengan baik. Perkirakan kesesuaian ruang dengan konsep acara dan jumlah tamu Anda. Jika ruang tamu dalam rumah Anda cukup besar, tentu hal ini tidak jadi masalah. Namun Anda tetap butuh untuk mengaturnya.

2. Pilihlah sebuah tema tertentu

Memilih tema pesta dapat Anda lakukan sambil mencari inspirasi di internet. Selain itu padukan dengan pengalaman Anda selama ini ketika menghadiri sebuah pesta. Tema yang unik dan berbeda akan membuat pesta Anda lebih berkesan di mata para tamu. Tema juga membantu Anda menentukan langkah selanjutnya dengan lebih mudah. Jangan ragu untuk memilih tema yang unik. Buatlah pesta anda sesuai dengan impian anda.

3. Rapikan benda-benda di ruangan

Untuk merapikan ruangan, pertama-tama pindahkan benda-benda seperti pajangan yang rawan pecah. Jangan gunakan sofa jika ruang tidak terlalu besar. Lebih baik pindahkan terlebih dahulu ke tempat lain. Sediakan kursi yang cukup jika konsepnya menggunakan kursi. Namun jika konsepnya standing party, Anda akan lebih mudah karena tidak harus memikirkan kursi yang cukup banyak untuk para tamu.

Baca juga  Dapur Berantakan? Kini Tidak Lagi dengan Tips Berikut!

4. Tambahkan dekorasi

Pesta tentu akan menjadi lebih meriah dengan dekorasi tambahan. Anda bisa memilih corak atau warna-warna yang menarik sesuai dengan tema pesta. Karena acaranya di dalam ruangan, Anda tidak perlu memasang tenda. Maksimalkan keindahan ruangan dengan tambahan balon, bunga, atau renda-renda. Anda juga bisa menambahkan lampu hias.

5. Siapkan perlengkapan keselamatan

Nah, inilah satu hal yang sering dilupakan. Jika di rumah Anda sudah terpasang alarm kebakaran, tentu bagus. Namun Anda perlu menambahkan perlengkapan keselamatan untuk berjaga-jaga. Anda bisa meletakkan tabung pemadam api di tempat yang mudah dilihat. Selain itu siapkan juga perlengkapan P3K di ruangan.

6. Atur pencahayaan, suhu, dan sirkulasi udara

Kenyamanan tentu menjadi sebuah hal yang penting dalam pesta. Anda bisa mengatur pencahayaan untuk mendapatkan suasana yang hangat. Jika menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin, pastikan bahwa suhunya memang tepat untuk banyak orang. Jangan lupa untuk memperhatikan sirkulasi udara di dalam ruangan. Pastikan bahwa terdapat cukup ventilasi sebagai tempat keluar masuknya udara.

7. Sediakan toilet

Toilet merupakan kebutuhan penting saat pesta. Jangan lupa untuk memastikan bahwa para tamu dapat menemukan toilet dengan muda. Anda bisa memasang tanda di pintu toilet dan petunjuk anak panah ke arah toilet sehingga tamu yang membutuhkan tidak perlu bertanya.

8. Buat aturan

Ingat bahwa Anda akan mengundang berbagai jenis orang ke dalam rumah Anda. Aturan bisa membantu Anda untuk mendapatkan pesta yang kondusif. Salah satu aturan yang dapat membuat tamu menjadi lebih nyaman adalah larangan merokok. Tentu akan sangat menjengkelkan jika ruangan menjadi bau asap rokok. Anda juga bisa menambahkan aturan untuk menjaga kebersihan ruangan agar tidak terlalu sulit membersihkan ruang setelah pesta.

Baca juga  Tips Memperbaiki Atap Bocor

9.  Gunakan sound system yang baik

Jika Anda merasa butuh menggunakan sound system, kualitas pengeras suara dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan seberapa menyenangkannya sebuah pesta. Pastikan kualitas suara yang keluar dari sound system yang Anda gunakan memang baik. Anda juga bisa memilih musik-musik yang pas untuk membuat suasana pesta menjadi lebih meriah.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mengatur ruangan dalam menyelenggarakan sebuah pesta. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *