7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Desain Interior


Source:  vimeo.com/170708427

Desain Interior adalah serangkaian proses mulai dari perencanaan, perancangan hingga penataan dari suatu ruangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Desain interior merupakan salah satu jasa yang cukup terkenal belakangan ini. Jasa yang berkaitan dengan rancangan dan pengaturan tata letak ruangan itu cukup diminati oleh para pemakai jasa yang ingin membuat rumahnya menjadi lebih artistik. Namun sayangnya masih banyak yang belum memahami tentang desain interior ini sehingga banyak pemikiran dan pendapat yang tidak sesuai dengan kenyataan. Berikut adalah beberapa fakta mengenai desain interior yang perlu untuk diketahui :

1.  Desain interior bukan hanya area kerja perempuan saja

Pendapat pertama yang salah tentang desain adalah bahwa aktivitas ini hanya dilakukan oleh kaum perempuan saja. Meskipun kebanyakan para pelaku usaha ini dan juga pemakai jasanya adalah kaum perempuan, namun bukan berarti para lelaki tidak bisa ikut berkecimpung. Justru saat ini banyak para lelaki yang melakukan usaha ini dan memberikan sudut pandang yang berbeda dari kaum perempuan.

2. Desain interior tidak dilakukan secara asal-asalan

Banyak yang mengira bahwa desain interior dilakukan secara asal-asalan dan hanya sekedar memadukan warna atau model saja. Faktanya adalah jasa ini tidak hanya seputar warna ataupun corak. Para pelaku usaha ini memikirkan segala hal mulai dari membuat layout sampai mempertimbangkan arsitek yang sesuai, semua dilakukan dengan cermat agar menghasilkan ruangan yang indah dan nyaman sebagaimana keinginan para pemakai jasa. Bahkan dampak psikologis pun dapat disesuaikan. Misalnya, pengguna jasa desain ingin membuat semangat kerja lebih tinggi, tentu desain dan pemilihan warna harus sesuai.

3. Desain interior memiliki tarif yang bisa disesuaikan

Jasa desain interior tidak hanya diperuntukkan kepada orang kaya. Semua orang bisa memakai jasa tersebut dan menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Tarif untuk jasa ini tidak selalu mahal, namun tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari pemakai jasa. Untuk mendapatkan biaya yang murah, Anda bisa mencoba desainer pemula. Desainer terkenal yang memiliki reputasi biasanya memasang tarif yang lebih mahal. Yang terpenting adalah melakukan konsultasi dan komunikasi yang baik kepada para pemberi jasa sehingga menghasilkan desain yang indah meskipun dengan dana terbatas.

Baca juga  Baru Pindah Kontrakan? Hayo Desain Tempat Baru Anda dengan Biaya Murah

4. Desain interior tidak semudah yang dibayangkan

Beberapa orang menyatakan bahwa bisa mengerjakan sendiri perihal desain interior untuk ruangan mereka, selain lebih praktis mereka juga menganggap dengan mengerjakan sendiri akan lebih sesuai dengan keinginan mereka. Namun tentu saja jasa ini tidak semudah yang dipikirkan, banyak sekali hal yang perlu disiapkan untuk melakukan desain interior, tidak hanya sekedar meletakkan di tempatnya. Apalagi faktor pengalaman tentu saja sangat mempengaruhi jenis usaha ini. Desain interior mempertimbangkan keindahan, kebutuhan, keselamatan dan kesehatan orang-orang yang tinggal di dalanya. Desain rumah kita pun memiliki efek terhadap kondisi mental orang-orang yang tinggal di dalamnya, sehingga hal ini juga menjadi bahan pertimbangan. Seringkali para pengguna jasa desain interior memiliki keinginan yang memerlukan keahlian khusus, seperti feng-shui. Itulah mengapa desain interior merupakan disiplin ilmu tersendiri yang kini dipelajari di universitas-universitas.

5. Desain interior tidak hanya untuk proyek besar

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya. Ukuran dari desain interior bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh setiap pemakai jasa. Jadi bukan hanya proyek besar dengan dana berlimpah saja, tetapi proyek kecil dengan dana minim pun bisa mempergunakan jasa ini. Intinya adalah bagaimana menyampaikan dengan jelas seperti apa desain yang diinginkan, nantinya para penyedia jasa yang akan memikirkan bagaimana menyesuaikan anggaran agar menghasilkan desain seperti yang diharapkan.

6. Sketsa dibuat dengan  program komputer

Di era teknologi yang semakin canggih ini tentu saja mempengaruhi jasa Desain interior juga. Sekarang mereka tidak hanya membuat sketsa dengan manual saja, tetapi juga mempergunakan program komputer yang bisa mempermudah pekerjaan mereka. Program tersebut digunakan untuk merubah keinginan dari para pengguna menjadi bentuk visual sehingga mempercepat pekerjaan mereka. Selain itu dengan program tersebut akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat sketsa dengan tangan.

Baca juga  Siasati Desain Rumah Untuk Mengatasi Stres

Hal ini juga akan memudahkan melihat seperti apa jadinya ruangan yang akan didesain nantinya. Bagi para pengguna jasa ini, akan mendapatkan bayangan dan bisa melakukan koreksi sesuai keinginan.

7. Desain interior memiliki variasi pekerjaan

Sebagaimana pekerjaan lainnya, Desain interior ini juga memiliki variasi dalam hal pengerjaannya. Ada yang menyediakan jasa pada hari kerja biasa, menyesuaikan dengan jam kerja dari para pengguna jasa mereka. Namun ada juga yang menyediakan jasa sesuai dengan proyek dan kebutuhan dari konsumen. Oleh karena itu mereka harus siap lembur dan memiliki jam kerja yang lebih banyak agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

8. Penghasilan

Di Indonesia, penghasilan desainer interior memang tidak sebesar penghasilan desainer luar negeri seperti Singapura dan Amerika Serikat.  Biaya kuliah yang tinggi dan masa kuliah yang lebih lama menjadi profesi desainer menjadi prestisius. Penghasilan dapat berupa gaji bulanan jika desainer bekerja di perusahaan desain, namun dapat berupa pendapatan per proyek jika mendirikan perusahaan sendiri, seperti CV. Besaran gaji desainer interior di Indonesia berkisar Rp4-6 juta. Di Singapura, desainer pemula dapat mengantongi gaji Rp13 juta per bulan, sementara di Amerika Serikat dapat mencapai Rp40 juta per bulan.

Besaran penghasilan juga tergantung kreativitas desainer dalam memasarkan ide-idenya. Sebagai tips, desainer dapat membuat portofolio desain di internet untuk menarik pelanggan. Jika mampu menggaet pelanggan dari luar negeri, tentunya pendapatan pun akan semakin besar.

9. Mengerjakan sendiri

Pekerjaan interior memang bukan pekerjaan mudah yang membutuhkan keahlian khusus. Meski begitu, banyaknya informasi yang bertebaran di internet mengenai model-model desain ruangan, bisa membuat Anda mendesain bagian interior rumah sendiri. Selain lebih murah, Anda juga mendapatkan pengalaman dan lebih bebas mengkreasikan sesuai dengan keinginan. Ingatlah selalu, keselamatan adalah prioritas. Perhatikan selalu aspek keselamatan dalam setiap desain yang Anda kerjakan sendiri.

Baca juga  Inspirasi Tangga Rumah Unik

Itu adalah beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai desain interior yang berguna bagi Anda yang berniat menggunakan jasa desainer maupun yang ingin menggeluti bidang ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *