Ingin Memilih Warna Cat Hunian? Perhatikan Filosofinya Terlebih Dahulu!

warna cat Source: Wonderlane on Flicker

Memilih warna cat rumah bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan. Warna hunian Anda akan berpengaruh pada kenyamanan penghuninya. Selain itu, warna cat rumah juga memberikan gambaran kepribadian Anda. Umumnya orang akan memilih warna favorit sebagai warna cat rumahnya. Sebelum memutuskan warna apa yang akan Anda pilih, ada baiknya mempertimbangkan beberapa filosofi warna berikut ini.

1. Putih

Putih adalah warna yang paling umum digunakan sebagai cat rumah. Warna ini mengandung makna kesederhanaan, kedamaian dan kemurnian. Pilihan warna putih pada cat rumah akan membuat penghuninya merasa tenang. Warna putih juga menunjukkan kesan bersih dan murni. Dalam psikologi, warna putih bermakna sesuatu yang baru dan keterbukaan.

2. Biru

Banyak orang menjadikan warna biru sebagai warna favoritnya. Warna biru diinterpretasikan sebagai warna laut dan langityang indah. Biru muda yang lembut mungkin bisa menjadi pilihan cat rumah Anda. Warna biru memberikan kesan relaksasi yang dalam. Warna ini cocok untuk membuat rumah Anda sebagai tempat melepas penat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

3. Kuning

Warna kuning bermakna keceriaan dan kebahagiaan. Memilih warna kuning sebagai cat rumah Anda mungkin bukan hal yang sia-sia. Warna ini dipercaya mampu memberikan kesan semangat, optimis, dan percaya diri layaknya jiwa muda. Rumah adalah tempat berkumpul dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Pikiran yang optimis akan membawa pada terciptanya keharmonisan keluarga.

4. Hijau

Warna hijau berkaitan dengan alam. Memilih warna hijau untuk cat rumah Anda akan memberikan kesan homey dan sejuk. Perpaduan warna hijau dapat membuat Anda dan keluarga menjadi betah di rumah karena kedamaian yang diciptakannya. Warna hijau mengingatkan kita pada kesegaran alam yang dapat meminimalisir stres dan tekanan di pikiran.

Baca juga  Memilih Letak Jemuran yang Tepat

5. Orange

Apakah Anda ingin memberikan kesan positif pada sekitar? Tampaknya pilihan warna orange akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Warna ini mengandung makna semangat dan kemandirian. Secara psikologi, warna orange mampu mendorong kita untuk memandang hidup dengan positif. Warna orange yang dipadukan dengan batu-batuan di tembok rumah dapat memberikan nuansa klasik yang menarik.

6. Merah

Warna ini melambangkan gairah dan semangat. Dalam psikologi, warna merah identik dengan keberanian dan optimisme. Jika Anda ingin memakai warna merah namun tidak ingin terkesan mencolok, gunakan perpaduan warna lain yang lebih soft seperti abu-abu.

7. Hitam

Banyak orang yang menganggap warna hitam adalah pilihan yang buruk untuk cat rumah karena terkesan gelap dan seram. Namun ternyata warna hitam dipercaya dapat menangkal energi negatif. Hitam cocok dipadukan dengan warna-warna lain. Rumah yang bercat hitam akan tampak kuat dan elegan sekaligus. Jika Anda ingin memberikan kesan hangat, warna cat hitam dipadukan dengan pencahayaan yang pas adalah pilihan alternatif yang baik.

8. Abu-abu

Saat ini banyak dijumpai rumah yang bercat abu-abu. Warna ini memang bukanlah pilihan yang buruk. Abu-abu memberikan kesan serius sekaligus sederhana, namun tidak membosankan.

9. Ungu

Warna ungu berkaitan dengan imajinasi dan mimpi. Memang tidak banyak orang yang menyukai warna ungu. Tetapi Anda tidak perlu merasa ragu untuk memilih warna ungu jika itu memang keinginan Anda. Warna ungu mampu memicu keseimbangan antara pikiran dan emosi. Anda suka meditasi? Warna ungu akan membantu Anda mendapatkan ketenangan dengan lebih mudah.

10. Pink

Warna merah muda atau pink merupakan perpaduan antara warna putih dan merah. Jika diaplikasikan sebagai cat rumah, yang terlihat darinya adalah kesan lembut. Meski warna pink sering disebut warna feminin, namun warna ini juga melambangkan cinta. Jika Anda menginginkan rumah yang penuh cinta, pilihan warna ini adalah pilihan yang tepat.

Baca juga  Sewa Rumah: Tip Dan Trik Terlengkap Dalam Mencari Kontrakan Rumah

11. Cokelat

Tidak banyak orang yang memilih mengecat rumahnya dengan warna ini. Jika Anda adalah tipe orang yang antimainstream, warna cokelat bisa menjadi salah satu pilihan. Cokelat akan memberikan kesan klasik yang unik, hangat, aman dan nyaman. Warna cokelat dapat melambangkan keramahan penghuninya.

Oke, kini Anda sudah mengetahui filosofi dari berbagai warna. Jadi jangan ragu untuk menentukan pilihan warna cat hunian Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *